PENGENALAN AKSARA JAWA DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID

Kholifah, Anisyatul (2018) PENGENALAN AKSARA JAWA DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (240kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (824kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (38kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 14.11.7896 Anisyatul Kholifah.zip
Restricted to Repository staff only

Download (35MB)

Abstract

Aksara Jawa merupakan salah satu peninggalan budaya yang patut untuk dilestarikan. Namun kenyataannya pelajaran Bahasa Jawa dengan materi aksara Jawa menjadi pelajaran yang jarang digemari bagi sebagian orang. Tidak adanya media belajar dalam penyampaian materi aksara Jawa selain buku cetak serta aksara Jawa yang lebih sulit dipelajari dibandingkan dengan huruf abjad biasa menjadi salah satu kendala dalam kegiatan belajar mengajar. Pada kasus ini peneliti mencoba untuk menganalisis pokok-pokok permasalahan yang ada dengan memulai mengembangkan media belajar aksara Jawa yang biasa dilakukan dengan menggunakan metode pengembangan MDLC. Aplikasi yang dihasilkan berbasis android dengan memanfaatkan teknologi augmented reality yang ditujukan sebagai media belajar aksara Jawa. Dalam aplikasi ini memungkinkan untuk melihat visual 3D dari setiap huruf aksara Jawa dan contohnya. Kartu yang dijadikan sebagai marker akan dideteksi oleh kamera pada smartphone android yang kemudian akan menampilkan visual 3D. Dengan begitu, media belajar untuk aksara Jawa akan lebih menarik dan interaktif.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Ariatmanto, Dhani
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, aksara Jawa, MDLC, augmented reality, marker
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 07 Sep 2022 06:26
Last Modified: 02 Nov 2023 04:28
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/6971

Actions (login required)

View Item View Item