PEMBUATAN APLIKASI DENAH 3D BERBASIS ANDROID DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DI SMP NEGERI 12 SINGKAWANG

Al Bashir, Jumadi (2022) PEMBUATAN APLIKASI DENAH 3D BERBASIS ANDROID DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DI SMP NEGERI 12 SINGKAWANG. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (312kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (63kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 16.11.0606 Jumadi Al Bashir.zip
Restricted to Repository staff only

Download (41MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 16.11.0606 Jumadi Al Bashir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (655kB)

Abstract

SMP Negeri 12 Singkawang adalah salah satu sekolah menengah pertama di Kota Singkawang. Dengan sedikitnya petunjuk arah ruangan dan tuntutan akan kebutuhan pendukung yang ingin mengakses ruangan-ruangan yang ada di SMP Negeri 12 Singkawang. Dapat mempermudah untuk menemukan ruangan yang dituju secara mandiri saat diharuskan melakukan kunjungan ke SMP Negeri 12 Singkawang. Marker based tracking adalah metode AR yang menggunakan marker untuk memunculkan objek maya. Marker memiliki ciri khusus untuk menampilkan objek sesuai dengan yang terdaftar pada marker tersebut. AR berbasis Marker lebih akurat dibandingkan dengan Markerless AR sedangkan dari aspek metode pemrosesan data, tidak seperti Markerless AR dimana data diproses secara online, AR berbasis Marker memungkinkan data diproses secara offline. Kesimpulan dari penelitian skripsi adalah Perancangan Aplikasi dilakukan dengan menggunakan perancangan sistem Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang meliputi enam tahapan pengembangan yaitu Concept (konsep), Design (desain), Material Collecting (pengumpulan bahan), Assembly (Pembuatan), Testing (pengujian) dan Distribution (distribusi). Berdasarkan uji coba dari segi fungsional Aplikasi AR menggunakan black box testing dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini dapat berjalan dengan baik. Aplikasi AR Denah 3D SMP N 12 Singkawang sudah tentu masih jauh dari kata sempurna. Untuk itu perlu dilakukan pengembangan dan penyempurnaan aplikasi agar lebih baik. File Aplikasi berukuran cukup besar dikarenakan banyak objek 3D yang dipakai, diharapkan untuk kedepannya model 3D mungkin dapat dibuat dengan setingan yang lebih efisien sesuai kebutuhan aplikasi.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nasiri, Asro
Uncontrolled Keywords: SMP Negeri 12 Singkawang, Aplikasi, AR, Marker, 3D
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 02 Sep 2022 07:54
Last Modified: 04 Aug 2023 01:42
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/6691

Actions (login required)

View Item View Item