PERANCANGAN USER EXPERIENCE APLIKASI MANAJEMEN KEUANGAN MENGGUNAKAN METODE FIVE PLANES PADA CV. MEDIA INOVASI BERKARYA

Martanto, Rakandamaesa Ammarputra (2022) PERANCANGAN USER EXPERIENCE APLIKASI MANAJEMEN KEUANGAN MENGGUNAKAN METODE FIVE PLANES PADA CV. MEDIA INOVASI BERKARYA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (799kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (188kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (60kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.11.1863 Rakandamaesa Ammarputra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian yang menghasilkan sebuah produk yaitu prototype aplikasi mobile berupa aplikasi manajemen keuangan. Manajemen keuangan sendiri berkepentingan dengan bagaimana cara untuk menciptakan dan menjaga nilai ekonomis atau kesejahteraan yang dimana dalam pengambilan keputusan keuangan juga harus berfokus pada penciptaan kesejahteraan. Adapun hal yang melatarbelakangi penulis untuk menyusun skripsi ini didasari pada sikap konsumtif masyarakat yang semakin meningkat beriringan dengan kebutuhan setiap individu yang semakin beragam. Adapun metode penelitian yang digunakan untuk membangun aplikasi ini adalah metode five planes dimana metode ini dipilih berdasarkan jurnal-jurnal dan referensi yang dibaca oleh penulis yang membahas metode five planes dimana metode tersebut dirasa memiliki persentase keberhasilan yang lebih baik dari metode yang lainnya. Lalu untuk proses usability testing atau proses pengetesan tingkah kegunaan aplikasi, penulis menggunakan metode cognitive walkthrough, dimana metode ini sudah umum digunakan sebagai acuan untuk pengetesan usability. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penulis sukses membuat suatu prototype aplikasi manajemen keuangan dimana dari hasil pengujiaan terhadap 50 orang responden, keseluruhan responden dapat memahami dan merasa puas dengan prototype yang dibuat oleh penulis. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa Penelitian ini dirasa berhasil memenuhi kebutuhan pengguna yaitu kebutuhan untuk dapat mengatur dan mengelola keuangan, aplikasi ini dirasa berhasil mempermudah pengguna untuk mengatur dan mengelola keuangan mereka. Keberhasilan dapat ditunjukkan dari hasil usability testing yang menunjukkan bahwa rata-rata waktu pengerjaan kelima task yang dapat diselesaikan oleh keseluruhan responden dengan waktu pengerjaan dibawah waktu yang telah ditentukan. Prototype aplikasi ini diharapkan dapat diteruskan ke tahap perencanaan dan pengembangan sehingga nantinya dapat menjadi aplikasi mobile yang utuh dan berjalan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Seniwati, Erni
Uncontrolled Keywords: Manajemen Keuangan, Tampilan Pengguna, Five Planes, Usability Testing
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 02 Sep 2022 06:36
Last Modified: 04 Aug 2023 03:14
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/6621

Actions (login required)

View Item View Item