Martanto, Rakandamaesa Ammarputra (2022) PERANCANGAN USER EXPERIENCE APLIKASI MANAJEMEN KEUANGAN MENGGUNAKAN METODE FIVE PLANES PADA CV. MEDIA INOVASI BERKARYA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (799kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (188kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (304kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (60kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.11.1863 Rakandamaesa Ammarputra.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) |
Abstract
Skripsi ini merupakan hasil penelitian yang menghasilkan sebuah produk yaitu prototype aplikasi mobile berupa aplikasi manajemen keuangan. Manajemen keuangan sendiri berkepentingan dengan bagaimana cara untuk menciptakan dan menjaga nilai ekonomis atau kesejahteraan yang dimana dalam pengambilan keputusan keuangan juga harus berfokus pada penciptaan kesejahteraan. Adapun hal yang melatarbelakangi penulis untuk menyusun skripsi ini didasari pada sikap konsumtif masyarakat yang semakin meningkat beriringan dengan kebutuhan setiap individu yang semakin beragam. Adapun metode penelitian yang digunakan untuk membangun aplikasi ini adalah metode five planes dimana metode ini dipilih berdasarkan jurnal-jurnal dan referensi yang dibaca oleh penulis yang membahas metode five planes dimana metode tersebut dirasa memiliki persentase keberhasilan yang lebih baik dari metode yang lainnya. Lalu untuk proses usability testing atau proses pengetesan tingkah kegunaan aplikasi, penulis menggunakan metode cognitive walkthrough, dimana metode ini sudah umum digunakan sebagai acuan untuk pengetesan usability. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penulis sukses membuat suatu prototype aplikasi manajemen keuangan dimana dari hasil pengujiaan terhadap 50 orang responden, keseluruhan responden dapat memahami dan merasa puas dengan prototype yang dibuat oleh penulis. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa Penelitian ini dirasa berhasil memenuhi kebutuhan pengguna yaitu kebutuhan untuk dapat mengatur dan mengelola keuangan, aplikasi ini dirasa berhasil mempermudah pengguna untuk mengatur dan mengelola keuangan mereka. Keberhasilan dapat ditunjukkan dari hasil usability testing yang menunjukkan bahwa rata-rata waktu pengerjaan kelima task yang dapat diselesaikan oleh keseluruhan responden dengan waktu pengerjaan dibawah waktu yang telah ditentukan. Prototype aplikasi ini diharapkan dapat diteruskan ke tahap perencanaan dan pengembangan sehingga nantinya dapat menjadi aplikasi mobile yang utuh dan berjalan.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Keuangan, Tampilan Pengguna, Five Planes, Usability Testing | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 02 Sep 2022 06:36 | ||
Last Modified: | 04 Aug 2023 03:14 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/6621 |
Actions (login required)
View Item |