ANALISIS DAN PERANCANGAN ULANG UI/UX APLIKASI KOREAN FIRST MENGGUNAKAN METODE LEAN UX

Akbar, Al Hazir (2022) ANALISIS DAN PERANCANGAN ULANG UI/UX APLIKASI KOREAN FIRST MENGGUNAKAN METODE LEAN UX. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (513kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (176kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (51kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.11.1955 AL Hazir Akbar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)

Abstract

Korean first Merupakan aplikasi edukasi pada mobile yang berfungsi sebagai wadah untuk siswa atau kalangan umum belajar bahasa korea. Seiring berkembang nya waktu globalisasi memungkinkan semua jenis informasi menyebar ke seluruh dunia, dan setiap orang dari berbagai negara kini dapat dengan mudah terhubung satu sama lain, terlepas dari jarak yang jauh. Misalnya, dengan menggunakan media internet, seseorang dapat dengan mudah mempelajari budaya suatu negara yang terletak di seberang lautan, dan semua informasi tentang komoditas, identitas pribadi dapat dengan mudah diakses. Salah satu negara yang akhir-akhir ini mendapat perhatian dalam budaya Indonesia adalah Korea, yang terlihat dari semakin meningkatnya minat terhadap berbagai produk beraroma Korea seperti makanan, pakaian, musik, drama bahkan bahasa sudah begitu familiar di kalangan remaja Indonesia. Dalam percakapan sehari-hari sering muncul katakata yang disesuaikan dengan bahasa atau kata-kata bercita rasa Korea pada remaja (termasuk pelajar) seperti “yak”, “Ottoke”, “oppa” dan beberapa kata lain yang diadaptasi dari bahasa Korea. Metode Lean UX memiliki 4 tahapan yaitu Declare Assumption, Create MVP, Run an Experiment, dan Feedback and Research. Dengan menggunakan metode ini perancangan ulang yang akan dilakukan pada aplikasi Korean first dapat mempersingkat waktu, mengurangi dokumentasi dan dapat mengukur dan menvalidasi aplikasi yang dikembangkan sesuai dengan feedback dari user sehingga dapat meningkatkan kepuasan user. Dari hasil Perancangan ulang desain UI/UX ini semoga mendapatkan peningkatan nilai dengan metode pengujian kuesioner SUS dari 63,9 menjadi 75,7 dan mendapatkan nilai 84% mengunakan metode pengujian Task analysis. Dari hasil feedback penguji mendapat kan hasil yang baik, tampilan menarik dan ssesuai dengan permasalahan yang ada.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Kurnia, Rakhma Shafrida
Uncontrolled Keywords: UI/UX. Lean UX
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 02 Sep 2022 03:51
Last Modified: 04 Aug 2023 03:31
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/6588

Actions (login required)

View Item View Item