Wijaya, Usman Adi (2022) RENCANA PENGEMBANGAN USAHA “BATAGOR UWU”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ISI BAB)
ISI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (668kB) |
Abstract
Usaha dalam bidang makanan sangatlah familiar di telinga semua masyarakat Indonesia. Bahkan setiap manusia tidak bisa luput dari bidang makanan, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat sekalipun. Karena, makanan adalah hal yang dibuthkan oleh setiap manusia tanpa mengenal waktu dan tempat. Bermacam-macam makanan yang bisa dinikmati oleh masyarakat Indonesia, mulai dari makanan tradisional hingga makanan modern. Akan tetapi, dari penelitian penulis, masyarakat Indonesia tidak bisa luput pada cemilan atau bisa disebut makanan ringan. Sehingga bisa disimpulkan bahwa masyarakat Indonesia lebih banyak memakan makanan ringan dibandingkan dengan makanan berat. Melihat dari minat masyarakat Indonesia akan makanan ringan sangatlah tinggi usaha di bidang makanan ringan memiliki peluang yang sangat tinggi. Maka dari itu, “ Batagor Uwu” hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya dalam bidang makanan ringan atau sering disebut camilan. “Batagor Uwu” merupakan usaha dalam bidang makanan ringan yang berbahan dasar tepung dan tahu. Batagor adalah olahan tahu goring yang diselimuti dengan tepung di luarnya dengan lamuran saus kacang yang gurih. Sejarah batagor sendiri bermula dari orang Jawa Tengah yang merantau di Jawa Barat dan menciptakan batagor, sehingga kini batagor terkenal sebagai makanan khas Jawa Barat. Produk Batagor Uwu ini bisa dinikmati oleh pria maupun wanita. Mulai dari usia 5-lansia. Karena bahan-bahan yang digunakan alami dan tidak ada efek samping apapun sehingga aman dikonsumsi oleh siapapun. Keunikan dari produk Batagor Uwu adalah menggunakan tahu buatan local dengan diselimuti tepung di luarnya ditambah dengan kuah yang terbuat dari kacang kedelai. Sehingga produk ini sangat alami, bahkan tidak ada pengawet untuk mengawetkan makanan. Produk ini disajikan dalam keadaan fresh. Usaha batagor uwu juga bekerjasama dengan pembuat tahu lokal, dengan tujuan memajukan pengusaha tahu lokal. Dengan begitu, bisa mengatrol harga tahu lokal yang terkesan memiliki harga yang rendah. Disamping itu, bisa menaikkan perekonomian daerah, sehingga daerah tersebut bisa lebih maju. Kacang sebagai bahan untuk membuat bumbu juga berasal dari petani langsung bertujuan agar mendapatkan barang yang masih fresh. Dengan seiring berkembangnya zaman yang serba milenial Batagor Uwu juga memberikan pelayanan online. Batagor Uwu berkerjasama dengan GOJEK, GRAB, dan Shopee food. Bertujuan agar usaha ini mudah diketahui oleh masyarakat Indonesia dan mudah dalam melakukan pembelian. Saat ini juga masih dalam masa pandemic COVID-19 dengan begitu bisa membatasi diri untuk bertemu dengan banyak orang di luar rumah. Batagor uwu juga menyajikan makanan dalam keadaan higienis guna memberikan makanan yang sehat.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Kuliner, Strategi pengembangan bisnis, Perkembangan Batagor, dan Kewirausahaan | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 338.04 Kewirausahaan > 04 Kewirausahaan | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Kewirausahaan | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 02 Sep 2022 02:58 | ||
Last Modified: | 03 Aug 2023 03:41 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/6514 |
Actions (login required)
View Item |