PEMBUATAN GAME ROLE PLAYING “BACK TO SCHOOL“ MENGGUNAKAN SOFTWARE RPG MAKER MZ

Utomo, Ananda Muchlisch Budi (2022) PEMBUATAN GAME ROLE PLAYING “BACK TO SCHOOL“ MENGGUNAKAN SOFTWARE RPG MAKER MZ. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (731kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (206kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (50kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code 18.82.0279 Ananda Muchlisch Budi Utomo.rar
Restricted to Repository staff only

Download (149MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.82.0279 Ananda Muchlisch Budi Utomo.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)

Abstract

Menuntut ilmu adalah hal yang paling penting untuk generasi ke generasi. Menuntut ilmu juga tidak selalu berada di lingkungan sekolah. Selama ini metode dalam menuntut ilmu atau dengan kata lain bersekolah banyak disepelekan oleh generasi sekarang. Penulis banyak melihat dan melakukan pengamatan di lingkukan penulis bahwa banyak anak – anak dibawah umur menyepelekan hal tersebut seperti, tidak hadir dan mengikuti pelajaran di sekolah, berbicara tidak sopan, dan juga ada beberapa anak yang tidak berperilaku sopan pada orang tua. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan sebuah sarana pembelajaran atau edukasi berbentuk game, dimana selain meningkatkan kesadaran anak akan pentingnya menuntut ilmu serta melatih anak agar tetap menjaga sopan santun kepada yang lebih tua. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan Indie Game Development, dengan beberapa tahapan yang digunakan, pertaman ada perancangan, proses desain, dan implementasi. Dimana pada proses perancangan adalah melakukan identifikasi tujuan dari sebuah perancangan, kemudian proses desain adalah melihat dan mengkoreksi dari desain, dan yang terakhir implementasi dimana penulis melakukan beberapa alur pengujian yaitu pengujian alpha dan beta. Berdasarkan hasil pengujian alpha dengan metode blackbox, dapat disimpulkan bahwa mekanisme pada game Back To School sudah dapat berjalan sesuai dengan rencana tanpa adanya error atau bug. Sedangkan dari hasil uji beta terhadap beberapa responden, secara keseluruhan game Back To School ini mendapatkan persentase 95,6%. Dengan begitu hasil persentase menunjukan bahwa evaluasi perngguna terhadap game Back To School adalah baik

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Setiaji, Bayu
Uncontrolled Keywords: Game, Indie Development, Sekolah, Edukasi
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 02 Sep 2022 02:07
Last Modified: 03 Aug 2023 02:37
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/6481

Actions (login required)

View Item View Item