PENERAPAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID DALAM PENGENALAN ALAT TRANSPORTASI

Fajar, Muhammad (2022) PENERAPAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID DALAM PENGENALAN ALAT TRANSPORTASI. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (910kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (404kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (80kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 18.11.2563 Muhammad Fajar.zip
Restricted to Repository staff only

Download (193MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.11.2563 Muhammad Fajar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (770kB)

Abstract

Pembelajaran merupakan sebuah penghubung antara manusia dengan kehidupan sekitar. Namun, pembelajaran saat ini masih terbilang cukup tidak interaktif sebagai media sarana belajar peserta didik. Untuk itu, perkembangan teknologi berperan sebagai media penyampaian sebuah pembelajaran yang dapat membuat suatu pembelajaran menjadi lebih efektif, aktif, dan menyenangkan. Model pembelajaran dengan Augmented Reality merupakan salah satu perkembangan teknologi yang menggabungkan antara dunia maya ke dalam dunia nyata. Oleh karena itu muncul ide untuk melakukan penelitian dalam merancang aplikasi sarana media pembelajaran interaktif dengan tujuan dapat meningkatkan minat belajar, kreatifitas, dan keaktifan peserta didik dalam mengembangkan potensi dan imajinasi yang dimiliki. Penelitian ini dilakukan dengan mengembangkan media pembelajaran pengenalan alat transportasi dengan menerapakan teknologi Augmented Reality dalam bentuk aplikasi berbasis Android. Metode Penelitian yang dipakai adalah Metode Research & Development dengan model ADDIE yang memiliki lima tahapan, yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Aplikasi dibuat menggunakan software Unity 3D dengan menampilkan objek 3D berupa alat transportasi. Hasil dari pengembangan aplikasi ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi pendidik dalam penyampaian materi alat transportasi dan juga dapat menumbuhkan antusias dan motivasi peserta didik dalam mempelajari alat transportasi. Selain itu, aplikasi ini diharapkan dapat menjadi alat peraga alternatif oleh pendidik pada saat proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Prabowo, Donni
Uncontrolled Keywords: Alat Transportasi, Pembelajaran Interaktif, Augmented Reality, ADDIE Model, Android
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 02 Sep 2022 01:59
Last Modified: 04 Aug 2023 03:18
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/6480

Actions (login required)

View Item View Item