PENGEMBANGAN GAME EDUKASI MATEMATIKA DASAR MENGGUNAKAN METODE GAME-BASED LEARNING

CAHYO, DIFFRAN NUR (2022) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI MATEMATIKA DASAR MENGGUNAKAN METODE GAME-BASED LEARNING. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (516kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (424kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (71kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
SOURCE CODE_18.82.0473_DIFFRAN NUR CAHYO - Diffran Nur Cahyo.rar
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi_18.82.0473_Diffran Nur Cahyo.doc - Diffran Nur Cahyo.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)

Abstract

Teknologi gadget saat ini sudah banyak mengalami perkembangan yang cukup pesat. Menurut survey dari Balitbang SDM Kominfo sebanyak 66.3% yang memiliki Smartphone dan sebanyak 70,98% didominasi oleh pelajar/mahasiswa. Untuk itu penulis mengembangkan game edukasi matematika dasar untuk belajar yang memanfaatkan Game-based learning yang bertujuan memotivasi para pelajar untuk belajar sambil bermain agar tidak bosan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan game edukasi matematika dasar menggunakan metode game-based learning dan mengetahui kelayakan dari game edukasi matematika dasar menggunakan metode game-based learning Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dan metode pengembangan Game Development Life Cycle (GDLC), yaitu initiation, pre-production, production, testing, beta, dan release. Pada penelitian ini dirancang menggunakan software Unity 3D Engine. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah studi pustaka. Penelitian ini dirancang terlebih dahulu, kemudian diimplementasikan ke dalam Unity Engine 3D, dan terakhir diuji dengan black box dan dua device android. Berdasarkan hasil penelitian game edukasi matematika dasar dinyatakan layak digunakan untuk bermain dan pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Setiaji, Bayu
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Endless Runner, Game-Based Learning, Unity 3D Engine
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 09 Jun 2022 06:38
Last Modified: 08 Aug 2023 03:54
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/647

Actions (login required)

View Item View Item