CAHYO, DIFFRAN NUR (2022) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI MATEMATIKA DASAR MENGGUNAKAN METODE GAME-BASED LEARNING. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (516kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (424kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (620kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (600kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (71kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (443kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
SOURCE CODE_18.82.0473_DIFFRAN NUR CAHYO - Diffran Nur Cahyo.rar Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi_18.82.0473_Diffran Nur Cahyo.doc - Diffran Nur Cahyo.pdf Restricted to Repository staff only Download (515kB) |
Abstract
Teknologi gadget saat ini sudah banyak mengalami perkembangan yang cukup pesat. Menurut survey dari Balitbang SDM Kominfo sebanyak 66.3% yang memiliki Smartphone dan sebanyak 70,98% didominasi oleh pelajar/mahasiswa. Untuk itu penulis mengembangkan game edukasi matematika dasar untuk belajar yang memanfaatkan Game-based learning yang bertujuan memotivasi para pelajar untuk belajar sambil bermain agar tidak bosan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan game edukasi matematika dasar menggunakan metode game-based learning dan mengetahui kelayakan dari game edukasi matematika dasar menggunakan metode game-based learning Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dan metode pengembangan Game Development Life Cycle (GDLC), yaitu initiation, pre-production, production, testing, beta, dan release. Pada penelitian ini dirancang menggunakan software Unity 3D Engine. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah studi pustaka. Penelitian ini dirancang terlebih dahulu, kemudian diimplementasikan ke dalam Unity Engine 3D, dan terakhir diuji dengan black box dan dua device android. Berdasarkan hasil penelitian game edukasi matematika dasar dinyatakan layak digunakan untuk bermain dan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Game Edukasi, Endless Runner, Game-Based Learning, Unity 3D Engine | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 09 Jun 2022 06:38 | ||
Last Modified: | 08 Aug 2023 03:54 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/647 |
Actions (login required)
View Item |