STRATEGI PROMOSI DINAS PARIWISATA KABUPATEN GUNUNGKIDUL UNTUK MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI DESTINASI WISATA DI MASA PANDEMI COVID-19

Ramadhan, Rahartama Burhan (2022) STRATEGI PROMOSI DINAS PARIWISATA KABUPATEN GUNUNGKIDUL UNTUK MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI DESTINASI WISATA DI MASA PANDEMI COVID-19. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (365kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (382kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (857kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
PUBLIKASI 17.96.0243Rahartama Burhan Ramadhan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Promosi Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul Untuk Mempertahankan Eksistensi Destinasi Wisata di Masa Pandemi COVID-19” bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi promosi yang digunakan Dinas Pariwisata sebagai strategi mereka dalam melakukan promosi untuk mempertahankan jumlah pengunjung wisata di Kabupaten Gunungkidul. Dilihat dari data kunjungan pada tahun 2016 sampai 2019 jumlahnya mencapai 3 juta orang tiap tahunnya. Kemudian pada tahun 2020 dan 2021 wisatawan yang berkunjung menurun derastis hanya 1 juta orang yang berkunjung di Kabupaten Gunungkidul. jumlah tersebut menurun derastis akibat pandemi COVID-19 sehingga dibatasinya pengunjung pariwisata yang ada di Kabupaten Gunungkidul. Metode penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Di mana informan penelitian ini adalah Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, pengelola TPR pantai di Kabupaten Gunungkidul dan pengunjung wisata. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap-tahap pengumpulan data kemudian dijabarkan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah strategi promosi yang dilakukan Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul untuk mempromosikan wisata di Kabupaten Gunungkidul dengan menggunakan semua media mulai dari media sosial, baliho, hingga event-event sehingga strategi yang mereka lakukan sudah menjadi strategi yang cukup efektif untuk mempertahankan pengunjung. Hanya saja yang menjadi kendala adalah regulasi yang dikeluarkan oleh pemerintah terkait pembatasan sosial sehingga menyulitkan Dinas dalam menjalankan strategi.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Yudaninggar, Kartikasari
Uncontrolled Keywords: Strategi Promosi, Media, Pandemi Covid-19, Promotion Strategy, Media, Covid-19 Pandemic
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 01 Sep 2022 08:11
Last Modified: 03 Aug 2023 02:24
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/6434

Actions (login required)

View Item View Item