Ramadhan, Rahartama Burhan (2022) STRATEGI PROMOSI DINAS PARIWISATA KABUPATEN GUNUNGKIDUL UNTUK MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI DESTINASI WISATA DI MASA PANDEMI COVID-19. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (365kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (382kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (589kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (576kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (857kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (88kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
PUBLIKASI 17.96.0243Rahartama Burhan Ramadhan.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Strategi Promosi Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul Untuk Mempertahankan Eksistensi Destinasi Wisata di Masa Pandemi COVID-19” bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi promosi yang digunakan Dinas Pariwisata sebagai strategi mereka dalam melakukan promosi untuk mempertahankan jumlah pengunjung wisata di Kabupaten Gunungkidul. Dilihat dari data kunjungan pada tahun 2016 sampai 2019 jumlahnya mencapai 3 juta orang tiap tahunnya. Kemudian pada tahun 2020 dan 2021 wisatawan yang berkunjung menurun derastis hanya 1 juta orang yang berkunjung di Kabupaten Gunungkidul. jumlah tersebut menurun derastis akibat pandemi COVID-19 sehingga dibatasinya pengunjung pariwisata yang ada di Kabupaten Gunungkidul. Metode penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Di mana informan penelitian ini adalah Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, pengelola TPR pantai di Kabupaten Gunungkidul dan pengunjung wisata. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap-tahap pengumpulan data kemudian dijabarkan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah strategi promosi yang dilakukan Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul untuk mempromosikan wisata di Kabupaten Gunungkidul dengan menggunakan semua media mulai dari media sosial, baliho, hingga event-event sehingga strategi yang mereka lakukan sudah menjadi strategi yang cukup efektif untuk mempertahankan pengunjung. Hanya saja yang menjadi kendala adalah regulasi yang dikeluarkan oleh pemerintah terkait pembatasan sosial sehingga menyulitkan Dinas dalam menjalankan strategi.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Promosi, Media, Pandemi Covid-19, Promotion Strategy, Media, Covid-19 Pandemic | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 01 Sep 2022 08:11 | ||
Last Modified: | 03 Aug 2023 02:24 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/6434 |
Actions (login required)
View Item |