Akbar, Fajar Choirul (2022) KOMUNIKASI INTERPERSONAL DRIVER SHOPEEFOOD DALAM MEWUJUDKAN KEPUASAN PENGGUNA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (991kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (975kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (576kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (95kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (374kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 17960067 Fajar Choirul Akbar.pdf Restricted to Repository staff only Download (544kB) |
Abstract
Shopeefood sebagai layanan baru memberikan berbagai manfaat namun kelemahannya ialah kesalahpahaman yang ditimbulkan dari komunikasi online atau tidak terhubung secara langsung saat memesan makanan. Sehingga memicu adanya konflik sepihak yang cenderung merugikan pihak driver Shopeefood baik berupa penilaian buruk atau bonus insentif yang tidak sesuai. Maka dari itu, driver Shopeefood sebagai pihak representatif agaknya harus mengambil perhatian pengguna kembali yaitu interaksi komunikasi secara interpersonal bertujuan memenuhi kepuasan dan loyalitas pengguna. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif bersifat deskriptif untuk mengungkapkan pola komunikasi interpersonal yang terjadi antara driver Shopeefood dengan pengguna Shopeefood di Yogyakarta dengan wawancara mendalam terhadap subjek penelitian telah ditentukan melalui snowball sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa interaksi komunikasi interpersonal dilakukan secara runtut berdasarkan tahapan dimulai dari kontak (contact), keterlibatan (involvement), dan keakraban (intimacy). Interaksi tersebut telah menciptakan efektifitas komunikasi interpersonal yang terdiri dari keterbukaan, empati, dukungan, dan rasa positif sehingga menimbulkan efek yang dialami diantara keduanya. Hal ini sebab terdapat ketersinambungan antar komponen komunikasi interpersonal yang menekankan pada hasil timbal balik dan efek yang dialami driver Shopeefood dengan pengguna. Sedangkan efek komunikasi interpersonal ialah perasaan yang timbul dari mayoritas pengguan telah merasa puas dengan kinerja pelayanan driver Shopeefood mempertimbangkan keramahan, kesesuaian, kehandalan, kesopanan, dan efisiensi waktu. Apabila pengguna Shopeefood terlihat tidak puas dengan pelayanan driver, maka driver mengatur strategi komunikasi melalui upaya memaksimalkan interaksi seperti efisiensi waktu, kesungguhan melakukan kinerjanya, serta menyeimbangkan kembali harapan dan keinginan sesuai sedia kala.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Interpersonal, Driver Shopeefood, Kepuasan Pengguna, Interpersonal Communication, Shopeefood Driver, Customer Satisfaction | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi 300 – Ilmu Sosial > 320 Ilmu politik > 327 Hubungan internasional |
||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 01 Sep 2022 07:56 | ||
Last Modified: | 03 Aug 2023 03:52 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/6419 |
Actions (login required)
View Item |