Agung, Bayu Damar (2021) EFEKTIFITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU DAN SISWA TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI 1 YOGYAKARTA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (966kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (283kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (503kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (151kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka danLampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.96.0013-Bayudamaragung - Bayu Damar Agung.pdf Restricted to Repository staff only Download (376kB) |
Abstract
Pandemi covid – 19 di Indonesia banyak yang berdampak pada bidang ekonomi, sosial, kesehatan, pekerjaan serta pada bidang pendidikan, termasuk pembelajaran bagi siswa tunagrahita. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengambil kebijakan untuk pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dari rumah. Perubahan besar dari tatap muka menjadi sekolah daring menjadi masalah serius. Masalah yang dihadapi guru Sekolah Luar Biasa (SLB) dalam kegiatan pebelajaran daring adalah pada sarana dan prasarana seperti sinyal, media pembelajaran online, aplikasi pembelajaran, kuota internet serta pembelajaran yang berbasis praktik. Untuk itu peneliti ingin mengetahui bagaimana efektifitas komunikasi interpersonal antara guru dan siswa tunagrahita di SLB NEGERI 1 Yogyakarta dalam proses belajar mengajar di masa pandemi Covid -19. Dengan ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dan peneliti menggunakan metode studi fenomenologi, peneliti juga menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti melakukan observasi dan wawancara pada tanggal 16 September – 02 November 2021 di SLB NEGERI 1 Yogyakarta, peneliti memilih tempat penelitian di SLB NEGERI 1 Yogyakarta dikarenakan SLB tersebut khusus anak tunagrahita oleh sebab itu siswa tunagrahita mempunyai hambatan intelektual untuk proses belajar tatap muka maupun belajar online. Setelah peneliti melakukan observasi dan wawancara maka didapatkan bahwa efektifitas komunikasi interpersonal antara guru dan siswa tunagrahita di SLB NEGERI 1 Yogyakarta dalam proses belajar mengajar di masa pandemi Covid – 19 tidak berlajan dengan baik. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa efektifitas komunikasi interpersonal antara guru dan siswa tunagrahita di SLB NEGERI 1 Yogyakarta dalam proses belajar mengajar di masa pandemi Covid – 19 tidak berjalan dengan baik yang disebabkan anak tunagrahita masih banyak yang tidak bisa merespon, kemampuan anak tunagrahita terbatas, kurangnya kedesiplinan anak dirumah, anak tunagrahita moodnya bisa berubah seketika.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Interpersonal, Siswa Tunagrahita, Pembelajaran, Covid – 19. | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 09 Jun 2022 06:29 | ||
Last Modified: | 08 Aug 2023 07:06 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/639 |
Actions (login required)
View Item |