Sungkowo, Bayuagra Damar (2017) IMPLEMENTASI APLIKASI “PORTAL PIJAR” DALAM PENGONTROLAN SISWA DI SMK N 2 PENGASIH. D3 - Diploma thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (250kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (95kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code_15.02.9116 Bayuagra Damar Sungkowo.zip Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan hal yang fundamental dan primodial. Salah satu output pendidikan adalah kedisiplinan yang bertujuan untuk mendidik dan membentuk karakter baik siswa. Kedisiplinan dalam proses pendidikan di sekolah sangatlah penting untuk menjaga dan mendukung kelancaran proses belajar. Dalam mewujudkan sikap disiplin, tidak dapat dilakukan secara instan. Perlu adanya sinergi, kolaborasi dan integrasi dalam ekosistem sekolah. SMKN 2 Pengasih merupakan sekolah yang mengunggulkan nilai kedisiplinan. Pencatatan absensi, pelanggaran dan remisi siswa dilakukan dengan seksama yang kemudian akumulasi dari ketiga komponen ditranslasikan kedalam poin siswa, yang menjadi parameter dalam penilaian sikap dan kepribadian. Baik penilaian sikap pada rapor maupun sertifikat kepribadian. Pengelolaan absensi di SMK N 2 Pengasih saat ini menggunakan sistem excel yang sangat memugkinkan terjadi kesalahan input karena belum ada validasi inputan. Peluang masalah yang terjadi adalah jika data yang tidak valid semakin banyak, maka akan membutuhkan waktu yang lama dan menggangu proses pelaporan wali kelas kepada orang tua saat penerimaan rapor. Pengelolaan pelanggaran dan remisi siswa di SMK N 2 Pengasih dicatat dengan menggunakan kertas. Proses pencarian data,akumulasi dan penentuan predikat siswa akan membutuhkan ketelitian ekstra karena harus merujuk pada laporan yang berulang. Kehilangan data akibat faktor eksternal juga sangat berisiko. Sehingga informasi mengenai kehadiran siswa, pelanggaran dan remisi siswa kepada orang tua tentunya belum bisa dilakukan secara realtime. Solusi untuk menangani permasalahan di atas adalah perlu adanya sistem pengontrolan siswa terintegrasi yang dapat diakses stakeholder termasuk orang tua, dimana informasi yang didapatkan masing-masing stakeholder haruslah relevan dan realtime. Dengan sistem yang memiliki fitur validasi inputan, pencarian, pengolahan data serta fitur notifikasi maka pengolahan serta penanganan siswa untuk menumbuhkan mental disiplin semakin mudah dan cepat. Sehingga tujuan pendidikan untuk menghasilkan generasi muda calon pemimpin bangsa yang memiliki sikap jujur dan disiplin dapat diakomodir dengan baik sejak di lingkungan sekolah, untuk Indonesia yang maju dan hebat dalam segala kancah.
Item Type: | Thesis (D3 - Diploma) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan, Kedisiplinan, Integrasi, Pengontrolan, Education, discipline, integration, control | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > D3 Manajemen Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 31 Aug 2022 04:04 | ||
Last Modified: | 15 Dec 2023 01:23 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/6385 |
Actions (login required)
View Item |