PENGEMBANGAN UI/UX DENGAN MENERAPKAN DESIGN THINKING PADA APLIKASI PESAN ANTAR

Pratama, Jibran Yoga (2022) PENGEMBANGAN UI/UX DENGAN MENERAPKAN DESIGN THINKING PADA APLIKASI PESAN ANTAR. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (683kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (263kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (799kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (47kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
SourceCode-17.11.1504-JibranYogaPratama.rar
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.11.1504-JibranYogaPratama.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (738kB)

Abstract

Telepon pintar (smartphone) kini merupakan sebuah gawai yang tidak dapat kita pisahkan dalam menemani dalam berkegiatan sehari-hari. Begitu pula dengan halnya internet. Di Indonesia sendiri pada tahun 2021 menurut Kementrian Komunikasi dan Informatika menyatakan bahwa jumlah pengguna ponsel pintar mencapai 167 juta orang atau 89% dari total penduduk Indonesia. Hal tersebut juga berdampak kepada gaya hidup masyarakat, seperti pemenuhan aspek kebutuhan rumah tangga seperti air untuk dikonsumsi. Sumber distribusi air konsumsi utama bagi masyarakat paling tinggi yaitu pada air isi ulang dibandingkan sumber air lainya seperti air sumur maupun air hujan. Karena itu penelitian ini akan menciptakan sebuah rancangan aplikasi pesan antar untuk yang mampu mengorder produk air isi ulang yang akan dibeli melalui smartphone dengan mempertimbangkan sebuah aplikasi yang user friendly. Penelitian ini akan menggunakan pendekatan design thinking untuk membantu proses perancangan ide solusi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Hasil penelitian dan perancangan diuji aspek usability dengan menggunakan metode SUS dan SEQ dan diperoleh hasil skor SEQ menghasilkan 3 nilai yaitu 5 (cukup mudah), 6 (mudah) , dan 7 (sangat mudah). Lalu pengujian SUS menghasilkan nilai dengan rata-rata 81,6 hasil tersebut dinyatakan diterima (acceptable) yang artinya prototoype yang dihasilkan dapat diimplementasikan dengan baik kepada pengguna.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Widayani, Wiwi
Uncontrolled Keywords: User Interface, User Experience, Design Thinking
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 09 Jun 2022 06:19
Last Modified: 08 Aug 2023 04:46
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/632

Actions (login required)

View Item View Item