Laksita, Jalu Trangga (2017) PENERAPAN TEKNIK PROJECTION MAPPING PADA BACKGROUND ANIMASI 2D UNTUK PROJEK TEASER VIDEO KLIP (Studi Kasus: Lagu Delusion oleh Band The Agony). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (222kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (965kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (433kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (95kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (446kB) |
|
Video (SOURCE CODE)
Source Code 11.11.4794 Jalu Trangga Laksita.mp4 Restricted to Repository staff only Download (355MB) |
Abstract
Promosi pada dunia musik dewasa ini semakin berkembang seiring dengan kemajuan teknologi. promosi dunia musik sekarang tidak hanya melaui suara saja melainkan berkembang kearah visualisasi dan korelasinya terhadap musik itu sendiri. Visual pada pada promosi musik ini disebut dengan PV(Promotion Video). Perkembangan bentuk visual pada dunia musik ini sangat beragam salah satunya dalam bentuk visual animasi. Dunia animasi sekarang berkembang dengan berbagai macam teknik yang ada. Animasi 2D tidak lepas dari berbagai macam perkembangan itu sendiri. Teknik yang berkembang meliputi kebutuhan dalam pergerakan kamera maupun teknik animasi lainnya. Dalam visual promosi untuk teaser PV-nya “Delusion”, band The Agony menginginkan bebearapa scene dengan visual pergerakan kamera yang dinamis dan ekstrim. Sebagai penulis yang masih memiliki kelemahan dalam memvisualisasikan background dengan animasi frame by frame maka teknik projection mapping menjadi solusi dalam penganimasian sebuah scene background dengan pergerakan kamera ekstrim karena menggunakan 3D workspace. Projection mapping merupakan salah satu teknik yang meliputi background pada animasi 2D dalam kebutuhan pergerakan kamera yang ekstrim dan dinamis sehingga penonton akan dibawa kedalam lingkungan visual yang terlihat nyata untuk menunjukan letak karakter itu berada. Dalam pembuatan layout background untuk kebutuhan projection mapping menggunakan software Blender. Teknik ini tidak menghilangkan ciri dari animasi 2D karena masih menggunakan proses 2D yaitu painting background dengan software Adobe Photoshop CS6. Untuk animasi karakter juga masih dengan format 2D frame by frame dengan sotfware Toon Boom Harmony 9.2. sementara sotware Adobe After effect CS6 dan Adobe Premiere Pro CS6 sebagai software compositing. Hasil dari teknjik projection mapping terbukti dapat membantu menganimasikan background dan merubah persepektif background animasi dengan pergerakan kamera ekstrim tanpa harus menggambar background secara frame by frame, sehingga karakter terasa seolah-olah berada dalam lingkungan tersebut.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Projection Mapping, Animasi 2D, Animasi backround, Layout 3D, Pergerakan kamera ekstrim, Teaser video klip | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 30 Aug 2022 08:24 | ||
Last Modified: | 20 Nov 2023 04:55 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/6301 |
Actions (login required)
View Item |