Perdana, Muhammad Ricky (2017) PERANCANGAN APLIKASI SPACE EXPLORATION AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (948kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (200kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (852kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (517kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (822kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (39kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code_14.12.7904 Muhammad Ricky Perdana.zip Restricted to Repository staff only Download (1GB) |
Abstract
Keberhasilan proses pembelajaran disekolah ditentukan oleh berbagai hal salah satunya adalah media pembelajaran yang tepat. Selama ini media pembelajaran tentang tata surya dijenjang sekolah menengah pertama cenderung dilakukan melalui buku, gambar-gambar dua dimensi, video, dan alat peraga dari plastik ataupun kayu. Dari berbagai media pembelajaran berikut memiliki berbagai kekurangan. Permasalahan tersebut menurut hemat peneliti bisa diatasi dengan Augmented Reality. Dengan teknologi Augmented Reality melalui aplikasi space exploration augmented reality, siswa dapat berinteraksi langsung dengan menggunakan kamera pada perangkat android untuk melakukan scan marker dan melihat visualisasi dari sistem tata surya itu sendiri melalui layar perangkat android sehingga tercipta media pembelajaran yang interaktif karena terjadi interaksi antara siswa dan media pembelajaran. Beberapa informasi tambahan pada aplikasi juga akan menampilkan pemodelan mengenai objek-objek tiga dimensi yang terdapat dalam sistem tata surya, Informasi tambahan yang ditampilkan dalam bentuk tulisan dan narasi. Maka muncul pertanyaan : Permasalahan tersebut menurut hemat peneliti bisa diatasi dengan Augmented Reality. Dengan teknologi Augmented Reality siswa dapat berinteraksi langsung dengan menggunakan kamera pada perangkat android untuk melakukan scan marker dan melihat visualisasi dari sistem tata surya itu sendiri melalui layar perangkat android sehingga tercipta media pembelajaran yang interaktif karena terjadi interaksi antara siswa dan media pembelajaran. Pada Skripsi ini, peneliti mencoba untuk merancang, menganalis, dan membuat aplikasi Space Exploration Augmented Reality. Menggunakan metode perancangan UML ( Unified Modeling language) yang terdiri dari Use Case, Class Diagram, Sequence Diagram, dan Activity Diagram. Aplikasi yang dihasilkan berupa perangkat lunak berbasis Android.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, perancangan, android, tata surya, media pembelajaran | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 30 Aug 2022 07:32 | ||
Last Modified: | 21 Sep 2023 06:23 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/6279 |
Actions (login required)
View Item |