PERANCANGAN APLIKASI SPACE EXPLORATION AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID

Perdana, Muhammad Ricky (2017) PERANCANGAN APLIKASI SPACE EXPLORATION AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (948kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (200kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (852kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (822kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (39kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code_14.12.7904 Muhammad Ricky Perdana.zip
Restricted to Repository staff only

Download (1GB)

Abstract

Keberhasilan proses pembelajaran disekolah ditentukan oleh berbagai hal salah satunya adalah media pembelajaran yang tepat. Selama ini media pembelajaran tentang tata surya dijenjang sekolah menengah pertama cenderung dilakukan melalui buku, gambar-gambar dua dimensi, video, dan alat peraga dari plastik ataupun kayu. Dari berbagai media pembelajaran berikut memiliki berbagai kekurangan. Permasalahan tersebut menurut hemat peneliti bisa diatasi dengan Augmented Reality. Dengan teknologi Augmented Reality melalui aplikasi space exploration augmented reality, siswa dapat berinteraksi langsung dengan menggunakan kamera pada perangkat android untuk melakukan scan marker dan melihat visualisasi dari sistem tata surya itu sendiri melalui layar perangkat android sehingga tercipta media pembelajaran yang interaktif karena terjadi interaksi antara siswa dan media pembelajaran. Beberapa informasi tambahan pada aplikasi juga akan menampilkan pemodelan mengenai objek-objek tiga dimensi yang terdapat dalam sistem tata surya, Informasi tambahan yang ditampilkan dalam bentuk tulisan dan narasi. Maka muncul pertanyaan : Permasalahan tersebut menurut hemat peneliti bisa diatasi dengan Augmented Reality. Dengan teknologi Augmented Reality siswa dapat berinteraksi langsung dengan menggunakan kamera pada perangkat android untuk melakukan scan marker dan melihat visualisasi dari sistem tata surya itu sendiri melalui layar perangkat android sehingga tercipta media pembelajaran yang interaktif karena terjadi interaksi antara siswa dan media pembelajaran. Pada Skripsi ini, peneliti mencoba untuk merancang, menganalis, dan membuat aplikasi Space Exploration Augmented Reality. Menggunakan metode perancangan UML ( Unified Modeling language) yang terdiri dari Use Case, Class Diagram, Sequence Diagram, dan Activity Diagram. Aplikasi yang dihasilkan berupa perangkat lunak berbasis Android.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Al Fatta, Hanif
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, perancangan, android, tata surya, media pembelajaran
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 30 Aug 2022 07:32
Last Modified: 21 Sep 2023 06:23
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/6279

Actions (login required)

View Item View Item