PEMBUATAN GAME “TEBAK LAGU” MENGGUNAKAN RENPY SEBAGAI MEDIA EDUKASI PENGENALAN LAGU ANAK-ANAK

Bias, Benediktus (2017) PEMBUATAN GAME “TEBAK LAGU” MENGGUNAKAN RENPY SEBAGAI MEDIA EDUKASI PENGENALAN LAGU ANAK-ANAK. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (203kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (725kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (70kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 14.12.8206 Benediktus Bias.zip
Restricted to Repository staff only

Download (851MB)

Abstract

Metode belajar sambil bermain sangat cocok diterapkan pada anak-anak terutama anak-anak yang masih dalam masa bermain. Di jaman sekarang dimana lagu anak-anak sudah jarang sekali diciptakan membuat lagu yang bertema dewasa dinyanyikan anak-anak yang liriknya tidak sesuai dengan umur mereka. Penulis menggunakan Renpy sebagai alat untuk encoding bahasa pemrograman Python sedangkan untuk pembuatan asset menggunakan Adobe Photoshop CS 6. Tujuan dari game ini dibuat adalah untuk mengenalkan lagu anakanak khususnya lagu anak-anak untuk umur 5-12 tahun agar mereka belajar kosakata yang sesuai untuk umur mereka. Diharapkan setelah bermain game ini, anak-anak dapat lebih mengenal lagu-lagu yang diciptakan khusus untuk anak seumuran mereka. Game ini akan memperkenalkan kepada anak-anak lagu yang sesuai dengan umur mereka. Cara bermainnya dengan menebak lagu yang sebelumnya sudah didengarkan oleh pemain. Setelah lagu berbunyi, pemain menebak apa judul dari lagu yang pemain dengarkan tersebut. Jika jawaban benar, pemain akan lanjut ke level selanjutnya. Jika jawaban salah, maka pemain tidak bisa melanjutkan permainan ke level selanjutnya.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Setiaji, Bayu
Uncontrolled Keywords: Renpy, game, lagu, anak-anak, phyton
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 29 Aug 2022 08:14
Last Modified: 21 Sep 2023 03:55
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/6053

Actions (login required)

View Item View Item