PEMBUATAN 3D MODEL KARAKTER DENGAN STYLE KARTUN UNTUK KEBUTUHAN PENCETAKAN 3D PADA FIVERR

Wicaksana, Muhammad Alif (2022) PEMBUATAN 3D MODEL KARAKTER DENGAN STYLE KARTUN UNTUK KEBUTUHAN PENCETAKAN 3D PADA FIVERR. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (553kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (116kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (910kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (917kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (103kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 18.82.0266 Muhammad Alif Wicaksana.zip
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.82.0266 Muhammad Alif Wicaksana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB)

Abstract

3D didefinisikan sebagai objek yang memiliki 3 sumbu yaitu sumbu X, Y dan Z, dalam sumbu X merepresentasikan horizontal, sumbu Y vertikal, dan sumbu Z mewakili kedalaman. Pembuatan 3d model karakter bertujuan untuk mendapatkan bentuk 3d karakter dengan style kartun yang lucu dan ekspresif dengan menggunakan referensi dari manusia, hewan, tumbuhan dan transportasi. Selain itu tidak menutup kemungkinan membentuk karakter fiksi yang dapat di gunakan sebagai maskot. Skripsi ini membahas tahapan yang di lakukan dalam pembuatan 3d model karakter yang di gunakan untuk 3d print. Mulai dari tahap Pra Produksi, Produksi hingga Pasca produksi. Pembuatan produk 3d model karakter dengan style kartun di harapkan dapat digunakan untuk berbagai keperluan digital, seperti animasi 3d, game asset, atau maskot. Karakter 3d dibuat menggunakan aplikasi blender 3d dengan menerapkan teknik polygonal modeling. Penelitian ini menghasilkan produk 3d model karakter dengan style kartun yang dapat digunakan untuk kebutuhan pencetakan 3d. Selain untuk pencetakan 3d, model yang di hasilkan juga dapat digunakan sebagai maskot, asset game, asset animasi, dan tidak menutup kemungkinan dijual kembali sebagai NFT. Pengujian kelayakan diambil dari review yang diberikan oleh klien. Hasil dari pengujian diperoleh skor 70% atau dengan kelayakan yang “baik”.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Purwanto, Agus
Uncontrolled Keywords: 3D Karakter Kartun, 3D Modeling, Pencetakan 3D, Fiverr
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 19 Aug 2022 02:52
Last Modified: 05 Aug 2023 02:28
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/5890

Actions (login required)

View Item View Item