Wicaksana, Muhammad Alif (2022) PEMBUATAN 3D MODEL KARAKTER DENGAN STYLE KARTUN UNTUK KEBUTUHAN PENCETAKAN 3D PADA FIVERR. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (553kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (116kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (910kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (917kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (103kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code 18.82.0266 Muhammad Alif Wicaksana.zip Restricted to Repository staff only Download (24MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.82.0266 Muhammad Alif Wicaksana.pdf Restricted to Repository staff only Download (405kB) |
Abstract
3D didefinisikan sebagai objek yang memiliki 3 sumbu yaitu sumbu X, Y dan Z, dalam sumbu X merepresentasikan horizontal, sumbu Y vertikal, dan sumbu Z mewakili kedalaman. Pembuatan 3d model karakter bertujuan untuk mendapatkan bentuk 3d karakter dengan style kartun yang lucu dan ekspresif dengan menggunakan referensi dari manusia, hewan, tumbuhan dan transportasi. Selain itu tidak menutup kemungkinan membentuk karakter fiksi yang dapat di gunakan sebagai maskot. Skripsi ini membahas tahapan yang di lakukan dalam pembuatan 3d model karakter yang di gunakan untuk 3d print. Mulai dari tahap Pra Produksi, Produksi hingga Pasca produksi. Pembuatan produk 3d model karakter dengan style kartun di harapkan dapat digunakan untuk berbagai keperluan digital, seperti animasi 3d, game asset, atau maskot. Karakter 3d dibuat menggunakan aplikasi blender 3d dengan menerapkan teknik polygonal modeling. Penelitian ini menghasilkan produk 3d model karakter dengan style kartun yang dapat digunakan untuk kebutuhan pencetakan 3d. Selain untuk pencetakan 3d, model yang di hasilkan juga dapat digunakan sebagai maskot, asset game, asset animasi, dan tidak menutup kemungkinan dijual kembali sebagai NFT. Pengujian kelayakan diambil dari review yang diberikan oleh klien. Hasil dari pengujian diperoleh skor 70% atau dengan kelayakan yang “baik”.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | 3D Karakter Kartun, 3D Modeling, Pencetakan 3D, Fiverr | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 19 Aug 2022 02:52 | ||
Last Modified: | 05 Aug 2023 02:28 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/5890 |
Actions (login required)
View Item |