Wirangi, Jalu Atmaja (2022) PEMBUATAN ANIMASI 3D FILTER INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PENGENALAN PAHLAWAN PADA MATA UANG KERTAS. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (416kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (218kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (444kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (764kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (908kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (48kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (76kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code 18.11.2070 Jalu Atmaja Wirangi.zip Restricted to Repository staff only Download (536MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.11.2070 Jalu Atmaja Wirangi.pdf Restricted to Repository staff only Download (493kB) |
Abstract
Pahlawan Indonesia merupakan para pejuang yang telah gugur berjuang melawan penjajah untuk melindungi bangsa dan negara Indonesia. Berkat perjuangan para pahlawan yang berani berkorban demi negara dan untuk menghormati jasa para pahlawan atas jasa mereka yang telah mengabdi pada negara, para pahlawan Indonesia diabadikan sebagai gambar mata uang kertas Indonesia. Tujuannya untuk memperkenalkan pahlawan Indonesia kepada masyarakat Indonesia. Namun sebagian besar masyarakat Indonesia tidak mengetahui sejarah dari setiap tokoh mata uang kertas, dan hanya menggunakan mata uang kertas sebagai sarana jual beli saja. Pembelajaran sejarah pahlawan hanya didapatkan pada masa sekolah saja dan masih berupa buku serta artikelartikel yang ada pada website. Mengingat rendahnya minat baca di Indonesia informasi tentang sejarah pahlawan dalam bentuk buku dan artikel kurang menarik. Hal ini memicu penulis untuk memanfaatkan teknologi membuat sebuah pengenalan sejarah pahlawan yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Yaitu dengan memanfaatkan media sosial yang paling banyak diminati oleh semua kalangan yaitu media sosial Instagram, dengan memanfaatkan fitur filternya sebagai media pembelajaran pengenalan sejarah pahlawan. Langkah awal dari perancangan ini adalah pengumpulan data dan informasi sebagai dasar perancangan. Kemudian pembuatan animasi 3D, ada 3 tahapan yaitu pra produksi meliputi ide, flowchart, desain karakter, color karakter. Produksi meliputi modeling 3D karakter, texturing karakter, mixing sound audio dan dubbing. Bagian terakhir dari rangkaian pembuatan yaitu pasca produksi meliputi importing asset karakter 3D, marker mata uang kertas, sound audio, penyusunan alur program dan publish filter ke Instagram. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, terdapat hasil akhir yang menunjukan bahwa tampilan Augmented Reality pada mata uang kertas yang dirancang dan diterapkan kedalam filter Instagram yang diuji menggunakan kuesioner penelitian, dengan hasil presentase kelayakan sebesar 85,25% filter ini dapat membantu dalam mengetahui sejarah pahlawan yang ada pada mata uang Indonesia. Hasil pengujian ini menggunakan smartphone berbasis Android (Redmi 9C) dan berbasis IOS (IPhone 6S) menunjukan bahwa filter dapat berjalan dengan baik objek karakter dan sound audio dapat ditampilkan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perancangan media pengenalan pahlawan pada uang kertas ini berhasil diterapkan dalam pembelajaran pahlawan Indonesia.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Instagram, Augmented Reality, Animasi 3D, Pahlawan Indonesia, Mata Uang Kertas | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 19 Aug 2022 02:24 | ||
Last Modified: | 04 Aug 2023 07:03 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/5885 |
Actions (login required)
View Item |