Hamid, Lukman Nur (2022) POLA KOMUNIKASI DALAM SISTEM PEMBELAJARAN DARING ANTARA GURU DAN SISWA DI SDN DESA JEBENG PLAMPITAN KABUPATEN WONOSOBO. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (295kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (530kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (81kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 17.96.0227 Lukman Nur Hamid.pdf Restricted to Repository staff only Download (354kB) |
Abstract
Komunikasi berperan penting sebagai sarana efektif untuk menciptakan interaksi dengan sesama individu lainnya. Pentingnya komunikasi tidak hanya sebatas komunikasi interpersonal, akan tetapi komunikasi kelompok seperti yang dilakukan oleh guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Dalam proses interaksi yang dilakukan tersebut, dapat berlangsung secara tatap muka maupun melalui media tertentu seperti pada pembelajaran daring saat ini. Penelitian ini memiliki tujuan untuk dapat mengetahui pola komunikasi yang diterapkan guru kepada siswa dan kendala pada sistem pembelajaran daring di SDN Desa Jebeng Plampitan Kabupaten Wonosobo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan melakukan pendeskripsian terhadap temuan dari objek penelitian. Sumber data yang digunakan adalah berasal dari sumber data primer dan sekunder. Peneliti menggunakan proses wawancara dan observasi ke sekolah terkait untuk menemui narasumber, serta menganalisa data pola komunikasi yang ada menggunakan teori kebutuhan hubungan interpersonal. Hasil penelitian ini adalah pola komunikasi yang diterapkan oleh guru kepada siswa SDN Desa Jebeng Plampitan Kabupaten Wonosobo pada pembelajaran daring memiliki tiga bentuk. Ketiga pola komunikasi tersebut adalah komunikasi satu arah, dua arah, dan banyak arah. Penerapan komunikasi tersebut menyesuaikan guru pengajar dan kondisi dari kelas daring. Kendala yang ditemukan dalam pembelajaran daring yaitu berupa tingkat pemahaman siswa berbeda, sifat pemalu siswa, dan kendala melalui media sosial adalah kondisi jaringan internet yang tidak stabil.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi, Pola Komunikasi, Guru, Siswa, Pembelajaran Daring | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 16 Aug 2022 04:31 | ||
Last Modified: | 05 Aug 2023 01:42 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/5832 |
Actions (login required)
View Item |