IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY TECHNOLOGY (ART) SEBAGAI MEDIA PROMOSI TENTANG MUSEUM PURBAKALA SANGIRAN KABUPATEN SRAGEN

Nugroho, Fendy Prasetyo (2017) IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY TECHNOLOGY (ART) SEBAGAI MEDIA PROMOSI TENTANG MUSEUM PURBAKALA SANGIRAN KABUPATEN SRAGEN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (407kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (929kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (78kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code_14.22.1638 Fendy Prasetyo Nugroho.zip
Restricted to Repository staff only

Download (469MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi_14.22.1638 Fendy Prasetyo Nugroho.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pelestarian dan perawatan situs purbakala yang dilakukan di Museum Sangiran merupakan salah satu cara agar sejarah yang ada di Sangiran dapat diketahui dan dipelajari oleh masyarakat. Penggunaan aplikasi berbasis multimedia dalam bentuk video untuk memvisualisasikan sejarah Sangiran akan membuat pengunjung menjadi lebih mudah dalam memahami sejarah Sangiran serta membuat penyampaian informasi tentang sejarah Sangiran menjadi lebih interaktif. Augmented Reality Technology adalah sebuah teknologi yang dapat menggabungkan objek nyata dan maya dalam lingkungan nyata, Augmented Reality Technology berbasis Android dapat digunakan sebagai media promosi yang interaktif dengan memanfaatkan sebuah desain yang diimplementasikan pada merchandise sebagai cinderamata khas Museum Sangiran. Pembuatan aplikasi ini menggunakan beberapa perangkat lunak pendukung antara lain : Unity3D, Plugin Vuvoria untuk membuat Augmented Reality Technology, Adobe Photoshop CS4 dan CorelDraw X4 untuk membuat desain latar belakang dan marker. Penelitian ini menghasilkan aplikasi multimedia tentang Museum Purbakala Sangiran Kabupaten Sragen untuk digunakan sebagai media promosi merchandise yang diimplementasikan dengan Augmented Reality Technology berbasis Android.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Hidayat, Tonny
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Android, Museum Sangiran, Multimedia, Merchandise
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 12 Aug 2022 07:39
Last Modified: 15 Sep 2023 01:23
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/5718

Actions (login required)

View Item View Item