Nugroho, Fendy Prasetyo (2017) IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY TECHNOLOGY (ART) SEBAGAI MEDIA PROMOSI TENTANG MUSEUM PURBAKALA SANGIRAN KABUPATEN SRAGEN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (407kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (929kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (78kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code_14.22.1638 Fendy Prasetyo Nugroho.zip Restricted to Repository staff only Download (469MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi_14.22.1638 Fendy Prasetyo Nugroho.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pelestarian dan perawatan situs purbakala yang dilakukan di Museum Sangiran merupakan salah satu cara agar sejarah yang ada di Sangiran dapat diketahui dan dipelajari oleh masyarakat. Penggunaan aplikasi berbasis multimedia dalam bentuk video untuk memvisualisasikan sejarah Sangiran akan membuat pengunjung menjadi lebih mudah dalam memahami sejarah Sangiran serta membuat penyampaian informasi tentang sejarah Sangiran menjadi lebih interaktif. Augmented Reality Technology adalah sebuah teknologi yang dapat menggabungkan objek nyata dan maya dalam lingkungan nyata, Augmented Reality Technology berbasis Android dapat digunakan sebagai media promosi yang interaktif dengan memanfaatkan sebuah desain yang diimplementasikan pada merchandise sebagai cinderamata khas Museum Sangiran. Pembuatan aplikasi ini menggunakan beberapa perangkat lunak pendukung antara lain : Unity3D, Plugin Vuvoria untuk membuat Augmented Reality Technology, Adobe Photoshop CS4 dan CorelDraw X4 untuk membuat desain latar belakang dan marker. Penelitian ini menghasilkan aplikasi multimedia tentang Museum Purbakala Sangiran Kabupaten Sragen untuk digunakan sebagai media promosi merchandise yang diimplementasikan dengan Augmented Reality Technology berbasis Android.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Android, Museum Sangiran, Multimedia, Merchandise | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 12 Aug 2022 07:39 | ||
Last Modified: | 15 Sep 2023 01:23 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/5718 |
Actions (login required)
View Item |