Nugroho, Titis Gantang (2018) MEDIA PEMBELAJARAN LATIHAN PENGEMBANGAN TUBUH BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF DI SD NEGERI 1 CEMORO. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (214kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (963kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (566kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (41kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code_10.12.4434 Titis Gantang Nugroho.zip Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi_10.12.4434 Titis Gantang Nugroho.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kegiatan pendidikan jasmani sebenarnya siswa tidak hanya dalam tuntutan seperti itu, guru sebagai direktur, motivator. Materi dalam pendidikan Jasmani (Penjas) dilakukan tidak hanya di ruangan atau kelas hanya dalam arti teoritis tetapi dalam praktek lapangan. Dalam prakteknya di lapangan sering ditemukan pembelajaran Pengas yang kurang efektif dan efisien. Dalam bahan ajar, sebagian besar guru tidak menggunakan media atau alat. Namun jika ditinjau lebih mendalam, menggunakan alat informasi atau pesan yang akan disampaikan akan lebih mudah ditangkap dan dicerna oleh siswa sehingga proses pembelajaran lebih efektif dan efisien. Ini diduga karena tidak tersedianya bantuan dan kurangnya kreativitas guru.Tidak tersedianya media pembelajaran atau alat di sekolah merupakan faktor yang menyebabkan guru menjadi malas dan kurang kreatif dalam mengelola pembelajaran sehingga mereka hanya memiliki pidato, menulis di papan tulis dan mendikte. Untuk memberikan gambaran praktik pendidikan jasmani, dalam penelitian ini akan dibangun media pembelajaran berupa multimedia interaktif dengan materi pelatihan binaraga untuk siswa kelas 5 Sekolah Dasar. Materi dalam media pembelajaran ini akan ditampilkan dalam bentuk teks, animasi, dan audio.Animasi dalam pertunjukan digunakan untuk memfasilitasi siswa dalam praktik di lapangan.Metode pengembangan multimedia yang digunakan adalah Luther versi MDLC yang meliputi konsep, desain, pengumpulan material, assambly dan distribusi. Perangkat lunak yang digunakan untuk membuat media pembelajaran ini adalah Adobe Flash.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Animasi, digital, 2D, MDLC | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 08 Aug 2022 06:39 | ||
Last Modified: | 12 Sep 2023 04:49 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/5358 |
Actions (login required)
View Item |