MEMBANGUN GAME SAHABAT PAHLAWAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MURID KELAS V DI SD NEGERI TIMBULHARJO YOGYAKARTA

Novianto, Ade Gusti (2018) MEMBANGUN GAME SAHABAT PAHLAWAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MURID KELAS V DI SD NEGERI TIMBULHARJO YOGYAKARTA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (185kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (57kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code_12.12.6360 Ade Gusti Novianto.zip
Restricted to Repository staff only

Download (97MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi_12.12.6360 Ade Gusti Novianto.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (752kB)

Abstract

Sejarah adalah mata pelajaran wajib yang perlu dipelajari oleh semua siswa. Dengan mempelajari sejarah, diharapkan siswa dapat mengetahui sejarah dan menghargai jasa para pahlawan terdahulu. Namun selama ini mata pelajaran sejarah di identikan sebagai pembelajaran yang membosankan dikelas karena metode pembelajaran yang monoton manakala guru hanya mengajar dengan buku dan ceramah. Disisi lain, game bagi anak mampu mempercepat terjadinya myelinasi yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan motorik serta dapat memancing minat belajar. Peneliti merancang game edukasi yang disertai dengan audio, animasi dan grafis yang menarik untuk meningkatkan ketertarikan dan membantu anak dalam belajar mengenal tokoh pahlawan nasional. Dalam game ini,pemain harus bisa menebak nama pahlawan sesuai dengan gambar yang tertera. Tujuan dari permainan ini adalah untuk meningkatkan pembelajaran ketangkasan, kecerdasan, dan pengetahuan siswa. Software yang digunakan dalam pembuatan game ini adalah Adobe Flash ProfessionalCS6.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Al Fatta, Hanif
Uncontrolled Keywords: Tokoh Pahlawan Nasional, sejarah, Game Edukasi, Pengembangan Multimedia, Adobe Flash Profesional CS6.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 08 Aug 2022 03:40
Last Modified: 12 Sep 2023 04:58
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/5310

Actions (login required)

View Item View Item