ANALISIS DAN MANAJEMEN BANDWIDTH PADA ASRAMA MAHASISWA KALIMANTAN SELATAN LAMBUNG MANGKURAT UNTUK STABILITAS DALAM BERMAIN GAME ONLINE MENGGUNAKAN MIKROTIK

Saufi, Muhammad (2019) ANALISIS DAN MANAJEMEN BANDWIDTH PADA ASRAMA MAHASISWA KALIMANTAN SELATAN LAMBUNG MANGKURAT UNTUK STABILITAS DALAM BERMAIN GAME ONLINE MENGGUNAKAN MIKROTIK. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (239kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (65kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi_18.21.1135 Muhammad Saufi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (928kB)

Abstract

Pada Asrama Mahasiswa Kalimantan Selatan Lambung Mangkurat kebanyakan dari mahasiswanya menyukai bermain Game Online khususnya Game Mobile Legend, PUBG Mobile, dan Class Of Clan. Saat bermain Game Online, biasanya menggunakan jaringan internet sendiri yang ada pada Smartphone padahal pada asrama sendiri memiliki jaringan internet dengan Bandwidth yang cukup besar sehingga dapat digunakan dalam bermain Game Online. Akan tetapi, karena digunakan secara bersamaan dan setiap User yang login tidak memiliki batasan Bandwidth maka ketika dipakai dalam bermain Game Online dan juga secara bersamaan digunakan untuk Browsing ataupun Streaming maka terjadi gangguan terhadap jaringan yaitu lost koneksi sehingga bermain Game Online jadi terganggu. Untuk mengatasi hal itu dibutuhkan manajemen Bandwidth menggunakan Queue Tree dan Peer Connection Queue (PCQ) agar Bandwidth yang ada ketika user login baik untuk bermain Game Online maupun untuk digunakan nonton film dan Streaming tidak mengalami gangguan lagi. Untuk menerapkan manajemen Bandwidth menggunakan Queue Tree dan Peer Connection Queue (PCQ) maka dilakukan beberapa tahapan penelitian menggunakan metode Network Development Life Cycle (NDLC) yaitu Analisis,Perancangan, Simulasi, Implementasi, dan Pengawasan. Manajement Bandwidth menggunakan metode Queue Tree dan Peer Connection Queue (PCQ) diharapkan dapat mengatasi permasalahan jaringan asrama khususnya digunakan dalam bermain Game Online.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Santoso, Joko Dwi
Uncontrolled Keywords: Game Online, Queue Tree, PCQ, Network, Browsing, Streamming
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 03 Aug 2022 06:23
Last Modified: 08 Sep 2023 01:58
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/4858

Actions (login required)

View Item View Item