Balamakin, Wilfridus Beda Kia (2017) APLIKASI KAMUS BAHASA LAMAHOLOT DAN INFORMASI BUDAYA ADONARA BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (708kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (221kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (564kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (743kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (56kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (36kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code-10.11.3958 Wilfridus Beda Kia Balamakin.zip Restricted to Repository staff only Download (26MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi_10.11.3958 Wilfridus Beda Kia Bal.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi dan informasi saat ini terjadi sangat cepat, terutama di bidang pengembangan aplikasi mobile berbasis Android. Android adalah sistem operasi yang menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi dan dapat mendistribusikannya. Dalam hal ini saya berniat untuk mengembangkan aplikasi kamus bahasa daerah dan informasi budaya Adonara berbasis Android, karena belum ada aplikasi ini sebelumnya maka bisa dijadikan sebagai media pengenalan dan pembelajaran tentang bahasa daerah lamaholot dan informasi buadya di pulau adonara. Berbagai langkah yang diambil untuk membuat aplikasi ini diantaranya adalah dengan melakukan berbagai analisis kebutuhan dan desain sistem yang telah diklasifikasikan. Kemudian gunakan proses desain menggunakan UML, desain interface yang selanjutnta akan diaplikasikan dalam game maker studio untuk di jadikan software final. Metode yang digunakan yaitu metode pengembangan multimedia yang meliputi tahap konsep, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Perangkat lunak yang digunakan yaitu Game Maker Studio dan perangkat lunak pendukung lainnya seperti CorelDraw, Adobe Photoshop dan Game Maker Language sebagai script pendukung. Dalam merancang aplikasi ini, diharapkan berpotensi meringankan atau bermanfaat bagi pengguna dalam menambah pemahaman dan mencari istilah kosakata di dari bahasa Indonesia ke bahasa Lamaholot maupun sebaliknya, serta dengan fitur tambahan yang menampilakan informasi budaya yang ada di adonara sehingga bisa menambah pemahaman bagi pengguna.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Kamus, Android, Aplikasi, Informasi Budaya | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 03 Aug 2022 03:38 | ||
Last Modified: | 15 Sep 2023 07:48 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/4825 |
Actions (login required)
View Item |