APLIKASI KAMUS BAHASA LAMAHOLOT DAN INFORMASI BUDAYA ADONARA BERBASIS ANDROID

Balamakin, Wilfridus Beda Kia (2017) APLIKASI KAMUS BAHASA LAMAHOLOT DAN INFORMASI BUDAYA ADONARA BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (708kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (221kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (743kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (56kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code-10.11.3958 Wilfridus Beda Kia Balamakin.zip
Restricted to Repository staff only

Download (26MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi_10.11.3958 Wilfridus Beda Kia Bal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi saat ini terjadi sangat cepat, terutama di bidang pengembangan aplikasi mobile berbasis Android. Android adalah sistem operasi yang menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi dan dapat mendistribusikannya. Dalam hal ini saya berniat untuk mengembangkan aplikasi kamus bahasa daerah dan informasi budaya Adonara berbasis Android, karena belum ada aplikasi ini sebelumnya maka bisa dijadikan sebagai media pengenalan dan pembelajaran tentang bahasa daerah lamaholot dan informasi buadya di pulau adonara. Berbagai langkah yang diambil untuk membuat aplikasi ini diantaranya adalah dengan melakukan berbagai analisis kebutuhan dan desain sistem yang telah diklasifikasikan. Kemudian gunakan proses desain menggunakan UML, desain interface yang selanjutnta akan diaplikasikan dalam game maker studio untuk di jadikan software final. Metode yang digunakan yaitu metode pengembangan multimedia yang meliputi tahap konsep, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Perangkat lunak yang digunakan yaitu Game Maker Studio dan perangkat lunak pendukung lainnya seperti CorelDraw, Adobe Photoshop dan Game Maker Language sebagai script pendukung. Dalam merancang aplikasi ini, diharapkan berpotensi meringankan atau bermanfaat bagi pengguna dalam menambah pemahaman dan mencari istilah kosakata di dari bahasa Indonesia ke bahasa Lamaholot maupun sebaliknya, serta dengan fitur tambahan yang menampilakan informasi budaya yang ada di adonara sehingga bisa menambah pemahaman bagi pengguna.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Setiaji, Bayu
Uncontrolled Keywords: Kamus, Android, Aplikasi, Informasi Budaya
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 03 Aug 2022 03:38
Last Modified: 15 Sep 2023 07:48
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/4825

Actions (login required)

View Item View Item