Aziz, Husain Abdul (2018) MENENTUKAN ENTITAS DARI PEMBERITAAN MEDIA DARING MENGGUNAKAN HIDDEN MARKOV MODEL UNTUK METODE POS TAGGING. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (710kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (225kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (735kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (974kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (744kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (69kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (51kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code_14.11.7723 Husain Abdul Aziz.zip Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi_14.11.7723 Husain Abdul Aziz.pdf Restricted to Repository staff only Download (604kB) |
Abstract
Seiring dengan berkembangnya zaman, tidak dapat dipungkiri bahwa kebutuhan manusia akan suatu informasi yang cepat dan akurat semakin meningkat. Dengan adanya teknologi internet, informasi yang dibutuhkan dapat dengan sangat cepat sampai ke para pembaca. Persebaran berita pun semakin luas jangkauanya, mulai dari sumber berita yang dikota maupun desa yang bisa dengan mudah untuk diakses. Pembaca berita pun bervariasi dengan latar belakang yang berbeda-beda, sehingga akan terjadi perbedaan dalam menerima suatu informasi dari berita yang sedang terjadi. Metode POS Tagging (Part-of-Speech Tagging), merupakan sebuah metode untuk memberikan label kelas kata pada suatu kata sehingga akan diketahui keterangan dari masing-masing kata. Hidden Markov Model (HMM), adalah suatu model statistik yang terdiri dari dua bagian state yang saling terkait. Bagian yang dapat diamati adalah observed state, sedangkan bagian yang tersembunyi disebut hidden state. Pada metode POS Tagging, observed state adalah urutan kata sedangkan hidden state adalah urutan tag atau label. Tujuan dari perancangan aplikasi berbasis web ini adalah untuk mendapatkan berita dari pemberitaan media daring dan memberikan label untuk setiap kata pada beritanya, sehingga bisa diketahui entitas yang dibicarakan dalam masing-masing berita. Penulis bertujuan untuk dapat membantu pengguna mengetahui siapa dan apa saja yang dibicarakan dalam suatu berita, tanpa harus membaca keseluruhan dari isi beritanya.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Hidden Markov Model, POS Tagging, Named Entity Recognition | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 06:44 | ||
Last Modified: | 13 Sep 2023 01:31 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/4543 |
Actions (login required)
View Item |