Andiyoko, Cia (2018) PEMBUATAN GAME RPG “KANEKI; RISE OF THE ZOKAI CLAN” MENGGUNAKAN RPG MAKER MV. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (321kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (62kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (36kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code 14.11.8133 Cia Andiyoko.zip Restricted to Repository staff only Download (1GB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi_14.11.8133 Cia Andiyoko.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan game semakin pesat dari tahun ke tahun. Pada satu dekade terakhir, game merupakan hal yang sangat umum dinikmati oleh semua orang dari berbagai lapisan masyarakat terutama anak kecil dan anak muda. Permasalahan yang terjadi saat ini adalah bahwa game yang beredar saat ini kebanyakan lebih berfokus pada kualitas grafis tinggi, adegan action, untuk menarik minat pembeli. Developer game lebih berfokus ke bagaimana membuat game yang disukai oleh masyarakat tanpa memperhatikan sisi konten game yang mungkin dapat mempengaruhi bagi pemain. Penulis ingin menjadikan game tidak hanya sebagai sarana hiburan saja, melainkan juga sebagai sarana pembelajaran dan dapat memberikan pesan moral yang baik. menjadikan game sebagai sarana pembelajaran kognitif, maka cukup memberikan beberapa tantangan yang membuat otak berpikir mencari solusi masalah. Pada penelitian ini penulis mencoba mengimplementasikan gagasan tersebut dalam sebuah game bergenre RPG. Game RPG adalah sebuah permainan yang para pemainnya memainkan peran tokoh-tokoh khayalan dan berkolaborasi untuk merajut sebuah cerita bersama. Penulis menilai bahwa genre ini cocok untuk pengimplementasian gagasan karena genre ini lebih bertumpu pada kekuatan cerita tidak seperti game action yang lebih bertumpu pada kekuatan gameplay. Dalam mengembangkan game, penulis menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC). Aplikasi yang dihasilkan adalah sebuah game berplatform windows yang dapat dijalankan pada komputer desktop maupun laptop. Pada penelitian ini, penulis lebih cenderung memberikan sasaran game ini untuk konsumen berusia remaja hingga dewasa. Penulis juga menggunakan bahasa yang lebih simpel dan ringan serta diselingi humor agar pemain tidak cepat bosan.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Game, genre game, developer game, RPG, GDLC, Game, genre game, game developer, RPG, GDLC. | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 05:03 | ||
Last Modified: | 12 Sep 2023 07:09 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/4526 |
Actions (login required)
View Item |