PEMBUATAN GAME RPG “KANEKI; RISE OF THE ZOKAI CLAN” MENGGUNAKAN RPG MAKER MV

Andiyoko, Cia (2018) PEMBUATAN GAME RPG “KANEKI; RISE OF THE ZOKAI CLAN” MENGGUNAKAN RPG MAKER MV. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (321kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (62kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 14.11.8133 Cia Andiyoko.zip
Restricted to Repository staff only

Download (1GB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi_14.11.8133 Cia Andiyoko.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan game semakin pesat dari tahun ke tahun. Pada satu dekade terakhir, game merupakan hal yang sangat umum dinikmati oleh semua orang dari berbagai lapisan masyarakat terutama anak kecil dan anak muda. Permasalahan yang terjadi saat ini adalah bahwa game yang beredar saat ini kebanyakan lebih berfokus pada kualitas grafis tinggi, adegan action, untuk menarik minat pembeli. Developer game lebih berfokus ke bagaimana membuat game yang disukai oleh masyarakat tanpa memperhatikan sisi konten game yang mungkin dapat mempengaruhi bagi pemain. Penulis ingin menjadikan game tidak hanya sebagai sarana hiburan saja, melainkan juga sebagai sarana pembelajaran dan dapat memberikan pesan moral yang baik. menjadikan game sebagai sarana pembelajaran kognitif, maka cukup memberikan beberapa tantangan yang membuat otak berpikir mencari solusi masalah. Pada penelitian ini penulis mencoba mengimplementasikan gagasan tersebut dalam sebuah game bergenre RPG. Game RPG adalah sebuah permainan yang para pemainnya memainkan peran tokoh-tokoh khayalan dan berkolaborasi untuk merajut sebuah cerita bersama. Penulis menilai bahwa genre ini cocok untuk pengimplementasian gagasan karena genre ini lebih bertumpu pada kekuatan cerita tidak seperti game action yang lebih bertumpu pada kekuatan gameplay. Dalam mengembangkan game, penulis menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC). Aplikasi yang dihasilkan adalah sebuah game berplatform windows yang dapat dijalankan pada komputer desktop maupun laptop. Pada penelitian ini, penulis lebih cenderung memberikan sasaran game ini untuk konsumen berusia remaja hingga dewasa. Penulis juga menggunakan bahasa yang lebih simpel dan ringan serta diselingi humor agar pemain tidak cepat bosan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Wahyuni, Sri Ngudi
Uncontrolled Keywords: Game, genre game, developer game, RPG, GDLC, Game, genre game, game developer, RPG, GDLC.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 01 Aug 2022 05:03
Last Modified: 12 Sep 2023 07:09
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/4526

Actions (login required)

View Item View Item