Lagadoni, Venansius (2022) PEMBUATAN MEDIA INTERAKTIF CERITA RAKYAT NASIONAL DAERAH YOGYAKARTA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ADOBE ANIMATE. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (422kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (317kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (979kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (60kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Source code-15.12.8897-Venansius Lagadoni - Venansius Lagadoni.rar Restricted to Repository staff only Download (35MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-15.12.8897-Venansius Lagadoni - Venansius Lagadoni.pdf Restricted to Repository staff only Download (798kB) |
Abstract
Teknologi saat ini semakin pesat terutama pada perangkat mobile. Fitur dalam smartphone yang bervariasi membuatnya bukan sekedar sebagai alat komunikasi, bermacam aplikasi dan game bahkan sangat menarik pengguna smartphone terutama anak-anak. Smartphone memiliki dampak positif dan negatif yang dapat mempengaruhi tingkah laku dan sifat anak. Untuk itu peran orang tua sangat penting dalam perkembangan teknologi yang sangat maju di zaman sekarang ini. Selain itu diperlukan media edukasi yang membantu orang tua dalam mendampingi anak dalam tumbuh dan berkembang diluar kegiatan belajarnya disekolah. Salah satu media edukasi sekaligus media hiburan adalah Cerita rakyat. Penyampaian pesan moral melalui nilai-nilai positif yang terkandung dalam isi dongeng, biasanya lebih di dengarkan anak. Dari kondisi ini aplikasi yang ingin penulis kembangkan ialah aplikasi cerita rakyat pada android, yaitu sebuah aplikasi yang membantu perkembangan anak agar anak menjadi gemar membaca atau mendengarkan cerita yang disajikan dengan interaktif pada smartphone. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu studi pustaka, literatur dan kuesioner. Untuk mengevaluasi aplikasi digunakan analisis SWOT. Dengan aplikasi ini diharapkan pengguna dapat meningkatkan minat membaca dongeng dan daya berfikir yang kreatif. Selain itu cerita rakyat yang disajikan berisi pesan moral yang mudah dipahami anak. Pesan moral yang disampaikan dalam dongeng merupakan petunjuk bertingkah laku di masyarakat, ajaran baik dan buruk, bermakna dan penuh suri tauladan. Melalui pesan moral juga dapat melatih perasan emosi, menghayati berbagai lakon dikehidupan manusia dan dapat berperan dalam proses pembentukan watak seorang anak
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi, Android, Cerita Rakyat, Budaya, Anak, Application, Android, Folklore, Culture, Children | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 08 Jun 2022 04:16 | ||
Last Modified: | 07 Aug 2023 07:33 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/440 |
Actions (login required)
View Item |