Sayekti, Bagus (2018) IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY TEKNIK DASAR OLAHRAGA BOLA BASKET BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (265kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (950kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (41kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (486kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code_14.11.8376 Bagus Sayekti.zip Restricted to Repository staff only Download (303MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi_14.11.8376 Bagus Sayekti.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Olahraga bola basket merupakan salah satu cabang olahraga bola besar yang sangat populer dan banyak diminati. Di dalam olahraga tersebut terdapat teknik dasar yang wajib dikuasai oleh setiap pemain. Pengenalan teknik dasar olahraga bola basket saat ini masih menggunakan media pembelajaran konvensional seperti buku dan modul. Hal ini dirasa kurang efektif dan menarik karena media tersebut tidak dapat menggambarkan secara detail gerakan teknik dasar bola basket. Dari permasalahan tersebut muncul gagasan untuk membuat sebuah aplikasi augmnted reality berbasis android yang berguna untuk menggambarkan secara detail gerakan teknik dasar bola basket. Metode perancangan yang digunakan dalam memodelkan aplikasi yang akan dibuat dilakukan mengguakan metode perancangan UML (Unified Modelling Language). Tools yang digunakan untuk membuat aplikasi ialah autodesk maya, android sdk, vuforia, unity 3D, dan JDK. Hasil dari penelitian ini ialah sebuah aplikasi augmented reality teknik dasar olahraga bola basket berbasis android. Aplikasi ini nantinya akan menampilkan animasi 3D teknik dasar bola yang akan di tampikan di atas marker berbentuk kartu berwarna disertai gambar dari masing-masing teknik dasar. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan proses pembelajaran teknik dasar bola basket menjadi lebih interaktif dan dapat menambah variasi media pembelajaran saat ini.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Teknik Dasar, Interaktif, Augmented Reality | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 28 Jul 2022 07:17 | ||
Last Modified: | 13 Sep 2023 01:32 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/4370 |
Actions (login required)
View Item |