IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY TEKNIK DASAR OLAHRAGA BOLA BASKET BERBASIS ANDROID

Sayekti, Bagus (2018) IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY TEKNIK DASAR OLAHRAGA BOLA BASKET BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (265kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (950kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (41kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code_14.11.8376 Bagus Sayekti.zip
Restricted to Repository staff only

Download (303MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi_14.11.8376 Bagus Sayekti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Olahraga bola basket merupakan salah satu cabang olahraga bola besar yang sangat populer dan banyak diminati. Di dalam olahraga tersebut terdapat teknik dasar yang wajib dikuasai oleh setiap pemain. Pengenalan teknik dasar olahraga bola basket saat ini masih menggunakan media pembelajaran konvensional seperti buku dan modul. Hal ini dirasa kurang efektif dan menarik karena media tersebut tidak dapat menggambarkan secara detail gerakan teknik dasar bola basket. Dari permasalahan tersebut muncul gagasan untuk membuat sebuah aplikasi augmnted reality berbasis android yang berguna untuk menggambarkan secara detail gerakan teknik dasar bola basket. Metode perancangan yang digunakan dalam memodelkan aplikasi yang akan dibuat dilakukan mengguakan metode perancangan UML (Unified Modelling Language). Tools yang digunakan untuk membuat aplikasi ialah autodesk maya, android sdk, vuforia, unity 3D, dan JDK. Hasil dari penelitian ini ialah sebuah aplikasi augmented reality teknik dasar olahraga bola basket berbasis android. Aplikasi ini nantinya akan menampilkan animasi 3D teknik dasar bola yang akan di tampikan di atas marker berbentuk kartu berwarna disertai gambar dari masing-masing teknik dasar. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan proses pembelajaran teknik dasar bola basket menjadi lebih interaktif dan dapat menambah variasi media pembelajaran saat ini.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Sofyan, Amir Fatah
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Teknik Dasar, Interaktif, Augmented Reality
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 28 Jul 2022 07:17
Last Modified: 13 Sep 2023 01:32
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/4370

Actions (login required)

View Item View Item