PERANCANGAN APLIKASI PENGENALAN NAMA BUAH – BUAHAN DALAM BAHASA INGGRIS AUGMENTED REALITY TECHNOLOGY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID

Prastyawan, Yudhi (2019) PERANCANGAN APLIKASI PENGENALAN NAMA BUAH – BUAHAN DALAM BAHASA INGGRIS AUGMENTED REALITY TECHNOLOGY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (235kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (966kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (58kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code_15.11.8638 Yudhi Prastyawan.zip
Restricted to Repository staff only

Download (801MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
PUBLIKASI_15.11.8638 Yudhi Prastyawan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Proses belajar mengajar di sekolah dapat berhasil karena berbagai faktor Pendukung yang ada dalam proses pembelajaran salah satunya media pembelajaran yang tepat. Saat ini media pembelajaran bahasa Inggris untuk anak sekolah dasar banyak menggunakan gambar dua dimensi dan buku. Alat pembelajaran seperti gambar dua dimensi dan buku membuat para siswa jenuh dan kurang menunjukkan minatnya dalam belajar karena bosan oleh media pembelajaran yang kurang menarik buat para siswa. Jika menggunakan video sebagai media pembelajaran tidak akan terlalu bagus karena tidak terjadi interaksi antara siswa dengan media pembelajaran dan menggunakan buku atau gambar dua dimensi memiliki kekurangan tidak dapat mengeluarkan suara tentang pengucapan dalam bahasa Inggris. Manfaat dari penggunaan Augmented Reality dalam kehidupan sehari – hari kita salah satunya bisa dipakai sebagai media pembelajaran yang di gunakan untuk mendukung proses belajar dan mengajar agar lebih cepat dan mudah. media pembelajaran sangatlah penting dalam proses belajar mengajar dengan media pembelajaran terjadi komunikasi antara pendidik dan peserta didik media pembelajaran bertugas untuk mempermudah pendidik untuk menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didik. Media pembelajaran adalah sebagai alat bantu dan alat penyalur guru dalam menyampaikan informasi secara jelas dan membuatnya menjadi lebih menarik. Dari permasalahan tersebut dapat dengan mudah diatasi menggunakan Augmented Reality. Teknologi Augmented Reality adalah sebuah variasi dari teknologi Virtual Reality yang bisa membuat kita masuk ke dunia maya yang di simulasikan oleh komputer sedangkan Augmented Reality adalah kebalikannya teknologi yang bisa menampilkan objek maya dua dimensi atau tiga dimensi ke dunia nyata. Dengan teknologi Augmented Reality siswa bisa berinteraksi langsung dengan kamera smart phone android mereka dengan melakukan scan marker dan melihat visualisasi buah – buahan dan mendengar narasi atau membaca teks.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nugraha, Bhanu Sri
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, media pembelajaran, android
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 28 Jul 2022 04:57
Last Modified: 06 Sep 2023 06:06
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/4325

Actions (login required)

View Item View Item