Nugraha, Muhamad Ferditya (2019) PEMBUATAN MEDIA EDUKASI ORGAN TUBUH MANUSIA MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (811kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (292kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (76kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (84kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code 15.11.9248 Muhamad Ferditya Nugraha.zip Restricted to Repository staff only Download (81MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi_15.11.9248 Muhamad Ferditya Nugraha.pdf Restricted to Repository staff only Download (410kB) |
Abstract
Augmented reality (AR) adalah jenis teknologi interaktif menggabungkan benda nyata dan virtual yang akan menghasilkan objek 3D yang akan ditampilkan pada layar. Augmented reality yang telah diaplikasikan memiliki cara kerja berdasarkan deteksi citra atau gambar dan biasa disebut marker, dengan menggunakan kamera smartphone kemudian mendeteksi marker yang telah di dicetak. Augmented reality banyak digunakan diberbagai bidang, salah satunya bidang pendidikan. Pada bidang pendidikan augmented reality digunakan sebagai media pembelajaran agar lebih menarik. Teknologi augmented reality ini dapat diterapkan dalam sistem pembelajaran ilmu pengetahuan alam salah satunya adalah organ tubuh manusia. Penggunaan teknologi augmented reality diharapkan bisa menampilkan objek berupa organ tubuh manusia secara virtual 3D dengan menggunakan gambar yang dijadikan marker. Marker yang dideteksi oleh kamera pada smartphone android akan menampilkan objek 3D organ, sehingga pengguna aplikasi dapat mengamati bagaimana bentuk organ-organ tubuh manusia secara realtime. Pembuatan aplikasi ini dibangun menggunakan software Unity 3D dan Autodesk Maya 3D.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Autodesk Maya 3D, Unity 3D, Marker, | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 28 Jul 2022 04:12 | ||
Last Modified: | 07 Sep 2023 06:33 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/4296 |
Actions (login required)
View Item |