Helisah, Nur (2019) PERANCANGAN GAME EDUKASI MBATIK (MARI MENGENAL BATIK) UNTUK ANAK USIA 7-12 TAHUN MENGGUNAKAN ADOBE ANIMATE CC BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (253kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (64kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (401kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code_15.11.8549 Nur Helisah.zip Restricted to Repository staff only Download (69MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi_15.11.8549 Nur Helisah.pdf Restricted to Repository staff only Download (550kB) |
Abstract
Batik telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya dunia yang berasal dari indonesia. Meskipun batik sudah menjadi warisan budaya yang diakui oleh dunia, tetapi nyatanya nilai-nilai kebudayaan saat ini sudah mulai sedikit luntur termakan oleh zaman. Oleh karena itu dibutuhkan cara untuk dapat mengatasi krisis budaya saat ini. Pengenalan budaya akan lebih efektif dan cepat diterima pada anak-anak, terutama pada anak usia 7-12 tahun karena pada umur 7-12 tahun anak-anak memiliki kekuatan kognitif untuk memikirkan banyak faktor secara simultan memberikan kemanpuan kepada anak-anak untuk mengevaluasi diri, ditambah lagi didukung dengan menggunakan media belajar yang diminati mereka. Salah satu jenis pembelajaran yang disukai anak-anak adalah dengan bermain game, Game juga bisa menjadi media pembelajaran alternatif (Game Edukasi) dengan harapan efektif untuk diterapkan. Ada beberapa media sebagai sarana game edukasi salah satunya yaitu andrioid. Untuk membuat game pada platform android ada banyak game engine yang bisa digunakan salah satunya yaitu Adobe Animate, Adobe Animate merupakan pengembangan dari Adobe Flash. Pada skripsi ini peneliti mencoba untuk menganalisis pokok-pokok permasalahan yang ada, untuk dapat mengembangkan game edukasi pembelajaran tentang batik. Peneliti menggunakan metode pengembangan multimedia MDLC, dalam metode ini terdapat beberapa tahap yaitu konsep, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian dan distribusi. Aplikasi yang dihasilkan berupa game edukasi dengan judul “MBATIK (Mari Mengenal Batik), yang ditujukan untuk anak usia 7-12 dalam pembelajaran pengenalan tentang batik terutama batik dipulau jawa. Peneliti mendistribusikan game yang telah dibuat melalui Play Store.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Batik, Anak, Game, Adobe Animate, pengembangan, analisis | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 28 Jul 2022 04:02 | ||
Last Modified: | 06 Sep 2023 04:50 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/4291 |
Actions (login required)
View Item |