Wardhana, Kintan Ramadhani (2022) PEMBUATAN RIG KARAKTER “WEDAN” PADA ANIMASI 2D CUT-OUT "ABDAN THE SERIES" DENGAN TOONBOOM HARMONY PREMIUM. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (672kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (253kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (725kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (507kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (59kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Project-18.11.2231-Kintan Ramadhani Wardhana - Kintan Ramadhani W.zip Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-18.11.2231-Kintan Ramadhani Wardhana - Kintan Ramadhani W.pdf Restricted to Repository staff only Download (474kB) |
Abstract
Animasi 2D dapat dibagi menjadi tiga kategori utama: animasi tradisional, tanpa kertas, dan cut-out. Teknik-teknik ini dapat digunakan secara mandiri atau bersama-sama. Animasi cut-out terdiri dari memecah boneka menjadi potonganpotongan yang dipindahkan bingkai demi bingkai untuk menghidupkan karakter dengan Toon Boom Harmony. Rigging sangat penting untuk alur kerja cut-out. Seniman tali-temali harus mengubah model akhir menjadi boneka. Ini berarti memutuskan bagaimana memisahkan bagian-bagian untuk melayani proyek dengan baik, dan mempersiapkan semua sambungan dan pandangan untuk para animator. Dalam pembuatan esai ini, penulis membuat karakter dalam animasi 2D berjudul “Abdan The series” yang diproduksi oleh Mataram Surya Visi (MSV) dengan menggunakan teknik cut out. Diperlukan karakter dan rig untuk menggerakkan karakter agar dapat dianimasikan dan lebih menarik dalam bentuk animasi. Pergerakan karakter animasi membutuhkan metode menempelkan kerangka ke karakter menggunakan tali-temali. Hasil dari esai ini adalah menghasilkan karakter yang dapat dipindahkan Karena karakter dan objek terdiri dari banyak bagian, animator tidak perlu menggambar ulang pada setiap frame, tetapi cukup memindahkan atau mendistorsi bagian untuk membuat animasi.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | 2d Animasi, Cut-out, Rigging, Toon Boom Harmony | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 08 Jun 2022 03:51 | ||
Last Modified: | 08 Aug 2023 02:52 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/429 |
Actions (login required)
View Item |