PEMBUATAN RIG KARAKTER “WEDAN” PADA ANIMASI 2D CUT-OUT "ABDAN THE SERIES" DENGAN TOONBOOM HARMONY PREMIUM

Wardhana, Kintan Ramadhani (2022) PEMBUATAN RIG KARAKTER “WEDAN” PADA ANIMASI 2D CUT-OUT "ABDAN THE SERIES" DENGAN TOONBOOM HARMONY PREMIUM. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (672kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (253kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (725kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (59kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Project-18.11.2231-Kintan Ramadhani Wardhana - Kintan Ramadhani W.zip
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-18.11.2231-Kintan Ramadhani Wardhana - Kintan Ramadhani W.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)

Abstract

Animasi 2D dapat dibagi menjadi tiga kategori utama: animasi tradisional, tanpa kertas, dan cut-out. Teknik-teknik ini dapat digunakan secara mandiri atau bersama-sama. Animasi cut-out terdiri dari memecah boneka menjadi potonganpotongan yang dipindahkan bingkai demi bingkai untuk menghidupkan karakter dengan Toon Boom Harmony. Rigging sangat penting untuk alur kerja cut-out. Seniman tali-temali harus mengubah model akhir menjadi boneka. Ini berarti memutuskan bagaimana memisahkan bagian-bagian untuk melayani proyek dengan baik, dan mempersiapkan semua sambungan dan pandangan untuk para animator. Dalam pembuatan esai ini, penulis membuat karakter dalam animasi 2D berjudul “Abdan The series” yang diproduksi oleh Mataram Surya Visi (MSV) dengan menggunakan teknik cut out. Diperlukan karakter dan rig untuk menggerakkan karakter agar dapat dianimasikan dan lebih menarik dalam bentuk animasi. Pergerakan karakter animasi membutuhkan metode menempelkan kerangka ke karakter menggunakan tali-temali. Hasil dari esai ini adalah menghasilkan karakter yang dapat dipindahkan Karena karakter dan objek terdiri dari banyak bagian, animator tidak perlu menggambar ulang pada setiap frame, tetapi cukup memindahkan atau mendistorsi bagian untuk membuat animasi.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Purwanto, Agus
Uncontrolled Keywords: 2d Animasi, Cut-out, Rigging, Toon Boom Harmony
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 08 Jun 2022 03:51
Last Modified: 08 Aug 2023 02:52
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/429

Actions (login required)

View Item View Item