PERANCANGAN GAME EDUKASI MITIGASI BENCANA “KAMI SIAGA” MENGGUNAKAN UNITY BERBASIS ANDROID

Ramadhan, Yusril Firza (2019) PERANCANGAN GAME EDUKASI MITIGASI BENCANA “KAMI SIAGA” MENGGUNAKAN UNITY BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (216kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (988kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (60kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 15.11.8883 Yusril Firza Ramadhan.zip
Restricted to Repository staff only

Download (138MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 15.11.8883 Yusril Firza Ramadhan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (651kB)

Abstract

Indonesia merupakan negara yang dihimpit oleh tiga lempeng tektonik yaitu lempeng Pasifik, empeng Eurasia dan lempeng Hindia–Australia kondisi ini menyembabkan Indonesia rentan terhadap gempa bumi, tsunami, letusan gunungapi. Masyarakat harus memahami tentang mitigasi dari bencana alam untuk dapat mengurangi korban jika terjadi bencana alam, solusi dari permasalahan ini adalah dengan memberikan sosialisasi mitigasi bencana dengan cara yang menarik, salah satunya adalah dengan bermain game. Didalam game ini dibagi menjadi tiga yaitu menu permainan, menu kuis dan menu pembelajaran. Didalam setiap menu ini berhubungan dengan bagaimana kita dalam mitigasi bencana alam. Game juga dapat memudahkan informasi diserap lebih cepat oleh penggunanya dikarenkan adanya interaksi langsung dengan game. Game ini dibangun menggunakan Unity berbasis Android. Pada skripsi ini peneliti mencoba untuk menganalisis pokok-pokok permasalahan yang ada, untuk dapat mengembangkan game edukasi pembelajaran tentang mitigasi bencana. Peneliti menggunakan metode pengembangan multimedia MDLC, dalam metode ini terdapat beberapa tahap yaitu konsep, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian dan distribusi. Aplikasi yang dihasilkan berupa game edukasi dengan judul Kami Siaga, yang ditujukan untuk anak usia 6-12 dalam pembelajaran pengenalan mitigasi bencana. Peneliti mendistribusikan game yang telah dibuat melalui Play Store.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Utami, Ema
Uncontrolled Keywords: Mitigasi bencana, Anak, Game, Unity, pengembangan, analisis, Disaster mitigation, Children, Game, Unity, development, analysis.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 27 Jul 2022 06:39
Last Modified: 07 Sep 2023 04:25
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/4183

Actions (login required)

View Item View Item