Ramadhan, Yusril Firza (2019) PERANCANGAN GAME EDUKASI MITIGASI BENCANA “KAMI SIAGA” MENGGUNAKAN UNITY BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (216kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (988kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (60kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (424kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code 15.11.8883 Yusril Firza Ramadhan.zip Restricted to Repository staff only Download (138MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 15.11.8883 Yusril Firza Ramadhan.pdf Restricted to Repository staff only Download (651kB) |
Abstract
Indonesia merupakan negara yang dihimpit oleh tiga lempeng tektonik yaitu lempeng Pasifik, empeng Eurasia dan lempeng Hindia–Australia kondisi ini menyembabkan Indonesia rentan terhadap gempa bumi, tsunami, letusan gunungapi. Masyarakat harus memahami tentang mitigasi dari bencana alam untuk dapat mengurangi korban jika terjadi bencana alam, solusi dari permasalahan ini adalah dengan memberikan sosialisasi mitigasi bencana dengan cara yang menarik, salah satunya adalah dengan bermain game. Didalam game ini dibagi menjadi tiga yaitu menu permainan, menu kuis dan menu pembelajaran. Didalam setiap menu ini berhubungan dengan bagaimana kita dalam mitigasi bencana alam. Game juga dapat memudahkan informasi diserap lebih cepat oleh penggunanya dikarenkan adanya interaksi langsung dengan game. Game ini dibangun menggunakan Unity berbasis Android. Pada skripsi ini peneliti mencoba untuk menganalisis pokok-pokok permasalahan yang ada, untuk dapat mengembangkan game edukasi pembelajaran tentang mitigasi bencana. Peneliti menggunakan metode pengembangan multimedia MDLC, dalam metode ini terdapat beberapa tahap yaitu konsep, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian dan distribusi. Aplikasi yang dihasilkan berupa game edukasi dengan judul Kami Siaga, yang ditujukan untuk anak usia 6-12 dalam pembelajaran pengenalan mitigasi bencana. Peneliti mendistribusikan game yang telah dibuat melalui Play Store.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Mitigasi bencana, Anak, Game, Unity, pengembangan, analisis, Disaster mitigation, Children, Game, Unity, development, analysis. | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 27 Jul 2022 06:39 | ||
Last Modified: | 07 Sep 2023 04:25 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/4183 |
Actions (login required)
View Item |