Imawan, Ali Riswanda (2019) PERANCANGAN APLIKASI MARKET BASKET ANALYSIS UNTUK MENGETAHUI POLA PENJUALAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI (Studi Kasus: ELSTEES Clothing). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (928kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (248kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (575kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (852kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (859kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (63kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Download (67kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code 15.11.8989 Ali Riswanda Imawan.zip Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 15.11.8989 Ali Riswanda Imawan.pdf Restricted to Repository staff only Download (695kB) |
Abstract
ELSTEES Clothing merupakan brand fashion yang berlokasikan di desa Condong Catur, Yogyakarta. Adanya aktivitas transaksi penjualan sehari-hari akan menghasilkan tumpukan data transaksi yang semakin lama semakin besar. Jika hal ini dibiarkan, maka data-data transaksi tersebut akan menjadi sampah yang merugikan karena membutuhkan media penyimpanan yang semakin besar. Data transaksi pembelian yang tersimpan memiliki informasi-informasi yang bisa digali dengan teknik data mining. Market Basket Analysis merupakan salah satu tipe analisis data yang paling sering digunakan dalam dunia pemasaran, dimana teknik ini digunakan untuk menganalisis isi keranjang belanja guna mendapatkan informasi produk apa saja yang paling sering dibeli sekaligus oleh para konsumen. Hasil dari analisis dapat digunakan sebagai strategi dalam menjalankan bisnis, seperti rekomendasi tata letak barang dan menjaga ketersediaan stok produk yang berelasi agar berimbang. Salah satu metode data mining yang bisa digunakan untuk menggali informasi tersebut yaitu Apriori. Hasil dari penggalian ini adalah informasi tentang produk-produk yang sering dibeli secara bersamaan (Association Rules) dan produk-produk yang sering dibeli secara berurutan oleh pembeli (Sequential Pattern Rules). Dengan algoritma Apriori, kedua macam info masi tersebut akan didapat secara bersamaan dalam sekali proses.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Market Basket Analysis, Informasi, Algoritma Apriori, Association Rules, Squential Pattern Rules | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 27 Jul 2022 03:14 | ||
Last Modified: | 07 Sep 2023 01:47 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/4127 |
Actions (login required)
View Item |