PERANCANGAN APLIKASI MARKET BASKET ANALYSIS UNTUK MENGETAHUI POLA PENJUALAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI (Studi Kasus: ELSTEES Clothing)

Imawan, Ali Riswanda (2019) PERANCANGAN APLIKASI MARKET BASKET ANALYSIS UNTUK MENGETAHUI POLA PENJUALAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI (Studi Kasus: ELSTEES Clothing). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (928kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (248kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (852kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (859kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf

Download (67kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 15.11.8989 Ali Riswanda Imawan.zip
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 15.11.8989 Ali Riswanda Imawan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (695kB)

Abstract

ELSTEES Clothing merupakan brand fashion yang berlokasikan di desa Condong Catur, Yogyakarta. Adanya aktivitas transaksi penjualan sehari-hari akan menghasilkan tumpukan data transaksi yang semakin lama semakin besar. Jika hal ini dibiarkan, maka data-data transaksi tersebut akan menjadi sampah yang merugikan karena membutuhkan media penyimpanan yang semakin besar. Data transaksi pembelian yang tersimpan memiliki informasi-informasi yang bisa digali dengan teknik data mining. Market Basket Analysis merupakan salah satu tipe analisis data yang paling sering digunakan dalam dunia pemasaran, dimana teknik ini digunakan untuk menganalisis isi keranjang belanja guna mendapatkan informasi produk apa saja yang paling sering dibeli sekaligus oleh para konsumen. Hasil dari analisis dapat digunakan sebagai strategi dalam menjalankan bisnis, seperti rekomendasi tata letak barang dan menjaga ketersediaan stok produk yang berelasi agar berimbang. Salah satu metode data mining yang bisa digunakan untuk menggali informasi tersebut yaitu Apriori. Hasil dari penggalian ini adalah informasi tentang produk-produk yang sering dibeli secara bersamaan (Association Rules) dan produk-produk yang sering dibeli secara berurutan oleh pembeli (Sequential Pattern Rules). Dengan algoritma Apriori, kedua macam info masi tersebut akan didapat secara bersamaan dalam sekali proses.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Sismoro, Heri
Uncontrolled Keywords: Market Basket Analysis, Informasi, Algoritma Apriori, Association Rules, Squential Pattern Rules
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 27 Jul 2022 03:14
Last Modified: 07 Sep 2023 01:47
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/4127

Actions (login required)

View Item View Item