PENERAPAN DATA MINING MARKET BASKET ANALYSIS MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENGETAHUI POLA PEMBELIAN KONSUMEN DI KOPERASI CITRAMART AMIKOM

Rolobessy, Ayu Lestari (2019) PENERAPAN DATA MINING MARKET BASKET ANALYSIS MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENGETAHUI POLA PEMBELIAN KONSUMEN DI KOPERASI CITRAMART AMIKOM. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (897kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (325kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (754kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (756kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (76kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
SOURCE_CODE 15.11.9179 AYU LESTARI ROLOBESSY.zip
Restricted to Repository staff only

Download (836kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi_15.11.9179.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (645kB)

Abstract

Begitu pentingnya sebuah informasi bagi kalangan bisnis khususnya bidang perdagangan, informasi dipakai sebagai bahan analisa yang bertujuan untuk meningkatkan keuntungan perusahaan, menentukan strategi pemasaran dan lain sebagainya. Data mining merupakan proses analisa data untuk menemukan suatu pola dari kumpulan data tersebut. Data mining mampu menganalisa data yang besar menjadi informasi berupa pola yang mempunyai arti bagi pendukung keputusan. Salah satu teknik data mining yang dapat digunakan adalah asosiasi data mining atau yang biasa disebut dengan istilah market basket analysis. Market basket analysis dengan Association Rules merupakan salah satu cara untuk mencari pola asosiasi berdasarkan pola belanja yang dilakukan konsumen, sehingga nantinya bisa diketahui item-item barang apa saja yang dibeli secara bersamaan, dan nantinya bisa dipakai sebagai bahan analisa dalam pengambilan keputusan, untuk meningkatkan keuntungan atau menentukan strategi pemasaran. Penelitian ini menggunakan data primer berupa data transaksi penjualan dari koperasi citramart amikom dalam suatu periode waktu. Variabel yang digunakan ada dua yaitu support dan confidence. Sistem ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySql. Hasil Analisa masalah yang diperoleh dari penelitian ini, Algoritma Apriori dapat diterapkan untuk mengetahui pola pembelian konsumen di Koperasi Citramart Amikom dengan hasil akhir presentase konsumen yang sering membeli barang secara bersamaan sebanyak 47% dari total keseluruhan konsumen.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Astuti, Yuli
Uncontrolled Keywords: Data Mining, Asosiation Rule, Market Basket Analysis, Apriori, PHP, Mysql
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 27 Jul 2022 02:52
Last Modified: 07 Sep 2023 01:51
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/4119

Actions (login required)

View Item View Item