Rolobessy, Ayu Lestari (2019) PENERAPAN DATA MINING MARKET BASKET ANALYSIS MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENGETAHUI POLA PEMBELIAN KONSUMEN DI KOPERASI CITRAMART AMIKOM. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (897kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (325kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (754kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (756kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (76kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (57kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
SOURCE_CODE 15.11.9179 AYU LESTARI ROLOBESSY.zip Restricted to Repository staff only Download (836kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi_15.11.9179.pdf Restricted to Repository staff only Download (645kB) |
Abstract
Begitu pentingnya sebuah informasi bagi kalangan bisnis khususnya bidang perdagangan, informasi dipakai sebagai bahan analisa yang bertujuan untuk meningkatkan keuntungan perusahaan, menentukan strategi pemasaran dan lain sebagainya. Data mining merupakan proses analisa data untuk menemukan suatu pola dari kumpulan data tersebut. Data mining mampu menganalisa data yang besar menjadi informasi berupa pola yang mempunyai arti bagi pendukung keputusan. Salah satu teknik data mining yang dapat digunakan adalah asosiasi data mining atau yang biasa disebut dengan istilah market basket analysis. Market basket analysis dengan Association Rules merupakan salah satu cara untuk mencari pola asosiasi berdasarkan pola belanja yang dilakukan konsumen, sehingga nantinya bisa diketahui item-item barang apa saja yang dibeli secara bersamaan, dan nantinya bisa dipakai sebagai bahan analisa dalam pengambilan keputusan, untuk meningkatkan keuntungan atau menentukan strategi pemasaran. Penelitian ini menggunakan data primer berupa data transaksi penjualan dari koperasi citramart amikom dalam suatu periode waktu. Variabel yang digunakan ada dua yaitu support dan confidence. Sistem ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySql. Hasil Analisa masalah yang diperoleh dari penelitian ini, Algoritma Apriori dapat diterapkan untuk mengetahui pola pembelian konsumen di Koperasi Citramart Amikom dengan hasil akhir presentase konsumen yang sering membeli barang secara bersamaan sebanyak 47% dari total keseluruhan konsumen.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Data Mining, Asosiation Rule, Market Basket Analysis, Apriori, PHP, Mysql | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 27 Jul 2022 02:52 | ||
Last Modified: | 07 Sep 2023 01:51 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/4119 |
Actions (login required)
View Item |