PEMBUATAN GAME PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN KE-NU-AN BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Ersad, Muhammad (2022) PEMBUATAN GAME PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN KE-NU-AN BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (242kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (902kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (73kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (725kB)
[img] Archive (PUBLIKASI)
Source Code-18.12.0588-Muhammad Ersad - Muhammad Ersad.zip
Restricted to Repository staff only

Download (388MB)
[img] Text (SOURCE CODE)
Publikasi-18.12.0588-Muhammad Ersad. - Muhammad Ersad.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Mata Pelajaran ke-NU-an adalah mata pelajaran wajib diajarkan sebagai muatan lokal pada madrasah yang berada dibawah naungan LP Ma'arif Nahdlatul Ulama seperti Madrasah Ibtidaiyah takhassus ma’arif jogonalan, mata pelajaran yang di dalamnya memuat materi-materi tentang pemahaman dan akidah ahlusuunah waljamaah. Materi-materi untuk mata pelajaran ke-NU-an di madrasah ibtidaiyah takhassus ma’arif jogonalan ini masih berupa media cetak (buku). Penelitian ini bertujuan untuk pembuatan game pembelajaran pada mata pelajaran ke-NU-an untuk siswa-siswi kelas IV Madrasah Ibtidaiyah takhassus ma’arif jogonalan berbasis android sebagai media pembelajaran tambahan yang interaktif selain belajar menggunakan buku, dalam penelitian ini menggunakan beberapa tahap yaitu initiation, pre production, production, testing, release game, evaluasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, kuisioner. Untuk mengetahui hasil kelayakan game yang di buat menggunakan pengujian blackbox, pengujian compability, pengujian usability, pengujian oleh ahli materi dan pengujian oleh ahli media. Hasil penelitian diketahui bahwa : 1) hasil pengujian blackbox pengujian seluruhnya berhasil 2) hasil pengujian compability sebesar 100% seluruhnya berhasil 3) Penilaian kelayakan oleh ahli media persentase 89,70% pada kategori sangat layak, 4) ahli materi diperoleh persentase sebesar 89,44% pada kategori sangat layak, 5) dan hasil usability sebesar 96,14% pada kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Mustopa, Ali
Uncontrolled Keywords: Game Pembelajaran, Mata Pelajaran NU, Media Pembelajaran, Learning Games, NU Subjects, Learning Media
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 08 Jun 2022 03:01
Last Modified: 08 Aug 2023 02:01
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/408

Actions (login required)

View Item View Item