PEMBUATAN AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN METODE MARKERBASED VISUALISASI PERANGKAT KERAS KOMPUTER

Hidayat, Rizky Novian (2022) PEMBUATAN AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN METODE MARKERBASED VISUALISASI PERANGKAT KERAS KOMPUTER. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (568kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (202kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (42kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code-17.12.0012-Rizky Novian Hidayat - Rizky Novian Hidayat.rar
Restricted to Repository staff only

Download (80MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.12.0012-Rizky Novian Hidayat - Rizky Novian Hidayat.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB)

Abstract

Augmented Reality adalah sebuah teknologi yang menggabungkan benda maya 2D atau 3D ke dalam dunia nyata lalu memproyeksikan ke dalam real time. Augmented Reality memungkinkan pengguna untuk melihat dunia nyata, dengan objek virtual ditumpangkan atau digabungkan dengan dunia nyata. Dalam aplikasi ini menggunakan marker untuk membantu proses munculnya objek 3D menjadi lebih cepat. Tetapi mengingat banyaknya keberagaman perangkat smartphone yang digunakan oleh siswa untuk mengakses aplikasi ini maka peneliti melakukan penelitian lebih lanjut mengenai pengaruh pixel kamera terhadap jarak yang diperlukan untuk mengakses aplikasi Augmented Reality pengenalan perangkat keras komputer. Aplikasi ini menggunakan metode Marker based yang tidak lain adalah salah satu metode yang sering digunakan dalam Augmented Reality, dengan menggunakan marker yang akan dideteksi oleh kamera sehingga 3D hardware akan muncul secara otomatis. Peneliti melakukan pengujian marker dengan perbandingan jarak dan 3 pixel kamera ponsel yang berbeda yaitu 8mp, 13mp, dan 48mp sehingga akan diketahui jarak ideal untuk setiap pixel kamera yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk jarak 5 cm marker masih bisa dirender walaupun membutuhkan waktu sedikit lama. Untuk jarak 10 cm – 40 cm marker dapat dideteksi dengan cepat. Untuk jarak 60 cm marker sudah mulai membutuhkan waktu untuk merender 3D. Untuk jarak 80cm, hanya kamera dengan pixel 48mp yang masih bisa membaca marker.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Astuti, Ika Asti
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Markerbased
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 08 Jun 2022 01:54
Last Modified: 07 Aug 2023 07:51
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/378

Actions (login required)

View Item View Item