Ristiana, Tina (2022) PERAN INFLUENCER DALAM STRATEGI PEMASARANDIGITAL (STUDI DESKRIPTIF PERAN INFLUENCER DALAM STRATEGI PEMASARAN DIGITAL DI MQFM). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (517kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (327kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (557kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (334kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (55kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (44kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi_18.96.0442_Tina Ristiana - Tina Ristiana.pdf Restricted to Repository staff only Download (346kB) |
Abstract
Dunia pemasaran saat ini telah berkembang pesat seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin beragam baik fungsi maupun kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Sosial media menjadi salah satu alat pemasaran yang digunakan untuk menunjang bisnis perusahaan baik perusahaan yang bergerak dibidang digital maupun non digital. Perusahaan penyiaran radio mempunyai tantangan tersendiri dalam menghadapi era perubahan digitalisasi serta dukungan para pekerja seni dalam mempertahankan eksistensi perusahaan. Hal tersebut memerlukan strategi pemasaran digital yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran influencer dalam strategi pemasaran digital menggunakan sosial media marketing dengan melihat umpan balik yang dibawa oleh influencer terhadap program siaran. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif yang berusaha menggambarkan peran influencer sebagai strategi pemasaran digital di era internet saat ini. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi langsung. Penelitian ini diharapkan dapat menyumbang hasil penelitian tentang efektif atau tidaknya peran influencer dalam strategi pemasaran digital dalam perusahaan penyiaran radio saat ini. Berdasarkan hasil penelitian Radio MQFM Jogja dalam strategi pemasaran digital telah melibatkan peran influencer dalam pemasaran digitalnya. Dalam pelaksanaanya tim social media Radio MQFM aktif menggunakan kegiatan media sosial social media maintenance dan social media activation. konsep pemasaran digital yang digunakan mencakup 4C yakni Content, Communication, Collaboration, dan Connection. hal tersebut didukung oleh produksi yang matang menggunakan pemilihan karakteristik influencer dan STP (Segmentation, Targeting, dan Positioning), sehingga menghasilkan efek pemasaran yang diharapkan, seperti terjadinya feedback, pendengar bertambah, dan kemungkinan berkolaborasi dengan pihak lain.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran Digital, Influencer, Komunikasi Pemasaran | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 08 Jun 2022 02:00 | ||
Last Modified: | 07 Aug 2023 06:31 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/374 |
Actions (login required)
View Item |