PERAN INFLUENCER DALAM STRATEGI PEMASARANDIGITAL (STUDI DESKRIPTIF PERAN INFLUENCER DALAM STRATEGI PEMASARAN DIGITAL DI MQFM)

Ristiana, Tina (2022) PERAN INFLUENCER DALAM STRATEGI PEMASARANDIGITAL (STUDI DESKRIPTIF PERAN INFLUENCER DALAM STRATEGI PEMASARAN DIGITAL DI MQFM). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (517kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (327kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (55kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi_18.96.0442_Tina Ristiana - Tina Ristiana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)

Abstract

Dunia pemasaran saat ini telah berkembang pesat seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin beragam baik fungsi maupun kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Sosial media menjadi salah satu alat pemasaran yang digunakan untuk menunjang bisnis perusahaan baik perusahaan yang bergerak dibidang digital maupun non digital. Perusahaan penyiaran radio mempunyai tantangan tersendiri dalam menghadapi era perubahan digitalisasi serta dukungan para pekerja seni dalam mempertahankan eksistensi perusahaan. Hal tersebut memerlukan strategi pemasaran digital yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran influencer dalam strategi pemasaran digital menggunakan sosial media marketing dengan melihat umpan balik yang dibawa oleh influencer terhadap program siaran. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif yang berusaha menggambarkan peran influencer sebagai strategi pemasaran digital di era internet saat ini. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi langsung. Penelitian ini diharapkan dapat menyumbang hasil penelitian tentang efektif atau tidaknya peran influencer dalam strategi pemasaran digital dalam perusahaan penyiaran radio saat ini. Berdasarkan hasil penelitian Radio MQFM Jogja dalam strategi pemasaran digital telah melibatkan peran influencer dalam pemasaran digitalnya. Dalam pelaksanaanya tim social media Radio MQFM aktif menggunakan kegiatan media sosial social media maintenance dan social media activation. konsep pemasaran digital yang digunakan mencakup 4C yakni Content, Communication, Collaboration, dan Connection. hal tersebut didukung oleh produksi yang matang menggunakan pemilihan karakteristik influencer dan STP (Segmentation, Targeting, dan Positioning), sehingga menghasilkan efek pemasaran yang diharapkan, seperti terjadinya feedback, pendengar bertambah, dan kemungkinan berkolaborasi dengan pihak lain.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Agustina, Dwi Pela
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran Digital, Influencer, Komunikasi Pemasaran
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 08 Jun 2022 02:00
Last Modified: 07 Aug 2023 06:31
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/374

Actions (login required)

View Item View Item