Bagastoro, Hilmi (2022) IMPLEMENTASI PATROL PATH DENGAN ENGINE UNREAL 4 PADA GAME SUWUNG BERBASIS GRAF NAVMESH. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (465kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (163kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (560kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (406kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (36kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Source Code-18.82.0239-Hilmi Bagastoro - Hilmi Bagastoro.rar Restricted to Repository staff only Download (332MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-18.82.0239-Hilmi Bagastoro - Hilmi Bagastoro.pdf Restricted to Repository staff only Download (338kB) |
Abstract
Game merupakan aplikasi yang tidak asing bagi masyarakat dari segala lapisan. Untuk meningkatkan minat pemain dalam bermain maka ditambahkan fitur Aritificial Intelligence (AI) di dalam game. Penerapan AI pada NPC (non-player character) yang tindakannya tidak dapat dikendalikan oleh pemain. AI pada NPC terdapat Patrol path digunakan untuk mencari rute untuk bisa mengejar pemain. Tujuan penelitian ini adalah cara membuat patrol path menggunakan Unreal Engine 4. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan dan analisis dengan menggunakan tahapan penelitian (1) analisis kebutuhan, (2) analisis Patrol path, (3) implementasi, (4) Pengujian produk, (5) revisi. Tahap analisis kebutuhan meliputi standar, bahan, analisis spesifikasi kebutuhan perangkat keras dan perangkat lunak. Tahap analisis patrol path meliputi penyusunan skrip yang digunakan untuk NPC agar bisa patroli dengan baik sesuai arahan developer game. Tahap implementasi meliputi penggunaan patrol path menyusun NPC di map game dan spawn NPC di game suwung serta meyusun patrol path point yang ada. Tahap uji coba dilakukan dengan menjalankan game yang telah dibuat, jika terdapat kesalahan maka akan masuk tahap revisi, jika tidak maka patrol path telah berhasil. Berdasarkan hasil pengujian alpha dengan metode greybox, dapat disimpulkan bahwa mekanisme pada game suwung terdapat kesalahan dengan adanya error atau bug. Namun telah diperbaiki selanjutnya dapat berjalan dengan yang diharapkan dan semestinya. Sedangkan berdasarkan hasil pengujian beta terhadap pemain, dengan skala Likert didapatkan presentase 85,2%. Dengan begitu Patrol path pada game suwung menunjukkan bahwa evaluasi pengguna sangat baik.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Game , NPC, Unreal Engine 4, Patrol path, | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 02 Jul 2022 05:56 | ||
Last Modified: | 05 Aug 2023 03:01 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/3552 |
Actions (login required)
View Item |