IMPLEMENTASI PATROL PATH DENGAN ENGINE UNREAL 4 PADA GAME SUWUNG BERBASIS GRAF NAVMESH

Bagastoro, Hilmi (2022) IMPLEMENTASI PATROL PATH DENGAN ENGINE UNREAL 4 PADA GAME SUWUNG BERBASIS GRAF NAVMESH. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (465kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (163kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (36kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code-18.82.0239-Hilmi Bagastoro - Hilmi Bagastoro.rar
Restricted to Repository staff only

Download (332MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-18.82.0239-Hilmi Bagastoro - Hilmi Bagastoro.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)

Abstract

Game merupakan aplikasi yang tidak asing bagi masyarakat dari segala lapisan. Untuk meningkatkan minat pemain dalam bermain maka ditambahkan fitur Aritificial Intelligence (AI) di dalam game. Penerapan AI pada NPC (non-player character) yang tindakannya tidak dapat dikendalikan oleh pemain. AI pada NPC terdapat Patrol path digunakan untuk mencari rute untuk bisa mengejar pemain. Tujuan penelitian ini adalah cara membuat patrol path menggunakan Unreal Engine 4. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan dan analisis dengan menggunakan tahapan penelitian (1) analisis kebutuhan, (2) analisis Patrol path, (3) implementasi, (4) Pengujian produk, (5) revisi. Tahap analisis kebutuhan meliputi standar, bahan, analisis spesifikasi kebutuhan perangkat keras dan perangkat lunak. Tahap analisis patrol path meliputi penyusunan skrip yang digunakan untuk NPC agar bisa patroli dengan baik sesuai arahan developer game. Tahap implementasi meliputi penggunaan patrol path menyusun NPC di map game dan spawn NPC di game suwung serta meyusun patrol path point yang ada. Tahap uji coba dilakukan dengan menjalankan game yang telah dibuat, jika terdapat kesalahan maka akan masuk tahap revisi, jika tidak maka patrol path telah berhasil. Berdasarkan hasil pengujian alpha dengan metode greybox, dapat disimpulkan bahwa mekanisme pada game suwung terdapat kesalahan dengan adanya error atau bug. Namun telah diperbaiki selanjutnya dapat berjalan dengan yang diharapkan dan semestinya. Sedangkan berdasarkan hasil pengujian beta terhadap pemain, dengan skala Likert didapatkan presentase 85,2%. Dengan begitu Patrol path pada game suwung menunjukkan bahwa evaluasi pengguna sangat baik.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Setiaji, Bayu
Uncontrolled Keywords: Game , NPC, Unreal Engine 4, Patrol path,
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 02 Jul 2022 05:56
Last Modified: 05 Aug 2023 03:01
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/3552

Actions (login required)

View Item View Item