IMPLEMENTASI DATA ASSET PUZZLEMAKER DENGAN UNREAL ENGINE 4 PADA GAME SUWUNG

Bashir, Abdul (2022) IMPLEMENTASI DATA ASSET PUZZLEMAKER DENGAN UNREAL ENGINE 4 PADA GAME SUWUNG. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (718kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (129kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (35kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code-18.82.0244-Abdul Bashir - Abdul Bashir.rar
Restricted to Repository staff only

Download (549MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-18.82.0244-Abdul Bashir - Abdul Bashir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB)

Abstract

Untuk membuat game dibutuhkan sebuah software atau perangkat lunak khusus membuat game. Salah satu software tersebut ialah Unreal Engine 4. Pada tahun 2021, penulis telah mengembangkan game Suwung menggunakan Unreal Engine 4. Didalam Software tersebut terdapat banyak fitur yang harus dipersiapkan dengan benar agar bias digunakan berulang kali tanpa adanya kesalahan. Salah satu fitur tersebut ialah Data Asset. Data Asset berfungsi menyimpan perancangan program yang siap digunakan lebih dari sekali dalam pembuatan game. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengumpulan data yaitu dengan mengumpulkan berbagai hasil literatur, jurnal buku, dan bacaan-bacaan serta berbagai sumber dari internet yang berhubungan dengan Data Assetmenggunakan aplikasi Unreal Engine 4 pada game Suwung. Berdasarkan hasil penelitian implementasi data asset puzzlemaker, dapat disimpulkan bahwa : 1. Pembuatan puzzle dengan data asset puzzlemaker berhasil dilakukan, 2. Berdasarkan hasil pengujian alpha dengan metode blackbox, dapat disimpulkan bahwa puzzle pada game Suwung sudah dapat berjalan dengan baik tanpa adanya error atau bug, dan 3. Berdasarkan hasil pengujian beta terhadap pemain, dengan skala Likert didapatkan persentase 90,7%. Dengan begitu puzzle pada game Suwung menunjukkan bahwa evaluasi pengguna sangat baik.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Setiaji, Bayu
Uncontrolled Keywords: Game, Puzzlemaker, Unreal Engine 4,
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 02 Jul 2022 05:51
Last Modified: 05 Aug 2023 03:04
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/3547

Actions (login required)

View Item View Item