Sunandar, Muhammad Arif (2022) GAME EDUKASI MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HIGH ORDER THINGKING PADA SISWA SD KELAS BAWAH MENGGUNAKAN UNITY 2D. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (789kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (338kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (938kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (938kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (758kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (32kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (57kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Source Code_18.82.0399_Muhammad Arif Sunandar - Muhammad Arif Sunandar.7z Restricted to Repository staff only Download (21MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi_18.82.0399_Muhammad Arif Sunandar - Muhammad Arif Sunandar.pdf Restricted to Repository staff only Download (483kB) |
Abstract
Menurut PISA pada tahun 2018 pendidikan di indonesia sangat rendah, mengenai skor kompetensi di Indonesia dalam hal membaca, matematika, dan sains lebih rendah dari tahun 2015, Indonesia sendiri secara keseluruhan menempati peringkat ke-74 dari 79 negara, dari pernyataan PISA tersebut memberikan suatu permasalahan yang mendasar, pendidikan pada masa sekarang sangat penting tetapi bila tidak diimbangi dengan metode belajar yang menyenangkan akan terasa membosankan dan sulit menerima materi dengan baik. Metode penelitian pada game edukasi ini menggunakan kuantittatif karena dalam mengumpulkan data memerlukan suatu variable yang dijadikan sebuah sample, metode ini sangat cocok untuk mengambil data yang mayoritas sebuah kelompok atau individu dengan pengambilan data secara langsung melalui wawancara kepada siswa sekolah dasar kelas 3 SD N 1 Kanoman. Analisis data menggunakan Usability testing terhadap responden guru dan siswa menunjukan hasil dari analisis data sendiri menunjukan hasil yang sangat bagus dengan responden guru paling rendah dengan 87,5%, dan responden siswa paling rendah 81,25 dihitung dengan metode System Usability Skor nilai diatas 81% berarti dikategorikan sangat bagus., kesimpulan dari penelitian ini game edukasi telah di implementasikan dengan baik kepada guru dan siswa dengan hasil yang sangat bagus.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Game, Edukasi, Matematika, Android, Unity | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 02 Jul 2022 05:48 | ||
Last Modified: | 05 Aug 2023 03:09 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/3544 |
Actions (login required)
View Item |