Nugraha, Ardhan Ditya (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RAVACANA FILMS DALAM PEMANFAATAN MEDIA ONLINE SEBAGAI MEDIA PROMOSI FILM INDIE LOKAL (Studi Kasus pada Film Tilik). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (572kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (528kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (633kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (461kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (151kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (907kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-18.96.0767-Ardhan Ditya Nugraha - Ardhan Ditya Nugraha.pdf Restricted to Repository staff only Download (365kB) |
Abstract
Perkembangan perfilman yang cukup pesat membuat banyak film baru mulai bermunculan tak terkecuali film pendek. Diproduksi pada tahun 2018, melewati berbagai festival dan berhasil menyabet beberapa penghargaan selama dua tahun, film Tilik secara resmi diunggah dikanal youtube pada tahun 2020. Dari hari pertama peluncurannya film Tilik langsung menarik puluhan ribu penonton dan terus meningkat dihari-hari berikutnya. Hal yang sama terjadi pada berbagai media social, film Tilik menjadi trending topic pembicaraan khalayak media sosial. Pencapaian yang didapat Ravacana Films bukan terjadi dengan begitu saja melainkan hasil dari serangkaian proses promosi melalui media online yang ditempuh Ravacana Films. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Ravacana Films dalam memanfaatkan media online sebagai media promosi film indie local dengan studi kasus pada film Tilik. Metode dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif, yaitu mengumpulkan dan menyajikan data dalam bentuk paparan narasi. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun tahapan analisis yang dilakukan yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Ravacana Films melakukan serangkaian perencanaan dan strategi promosi melalui media online, dan mengungkap bahwa media online merupakan media yang cukup efektif untuk mempromosikan film.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Film Tilik, Promosi, Pemasaran Digital, Media Online, Youtube | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 02 Jul 2022 02:32 | ||
Last Modified: | 05 Aug 2023 03:22 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/3513 |
Actions (login required)
View Item |