Puteri, Shifa Sukma Hayyu (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMPROMOSIKAN KAMERA ANALOG DI ERA DIGITAL (Studi Kasus: Komunitas “Kumpul Analog Jogja”). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (896kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (450kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (651kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (535kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (180kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-18.96.0808-Shifa Sukma Hayyu Puteri - Shifa Sukma 0808.pdf Restricted to Repository staff only Download (904kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan dan memahami mengenai komunikasi pemasaran yang dilakukan untuk mempromosikan kamera analog di era digital. Objek penelitian ini menggunakan Komunitas “Kumpul Analog Jogja”. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan penulisan deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini studi kasus dan berlandaskan pada paradigma konstruktivisme.Pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Data yang didapatkan kemudian diolah dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan Komunitas “Kumpul Analog Jogja”melakukan empat faktor pembentuk komunitas. Penggunaan tujuh bauran promosi yang dilakukan komunitas. Terdapat empat bauran promosi yang cukup intensif dilakukan untuk promosi kamera analog. Empat bauran tersebut yaitu (1) event and experience, yaitu mengadakan acara dengan tema yang berbeda setiap dua bulan sekali. (2) Word of mouth, dengan memberikan rekomendasi baikanggota maupun pengusaha dikomunitas. (3) Public relation, melakukan kerjasama baik sesamakomunitas maupun perusahaan untuk melakukan promosi. (4) Sales promotion, dilakukan dengan memberikan diskon, giveaway, lelang rol film, mengadakan foto challenge.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Kamera analog, Komunikasi pemasaran, Bauran promosi, Komunitas era digital. | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 01 Jul 2022 08:03 | ||
Last Modified: | 05 Aug 2023 03:15 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/3439 |
Actions (login required)
View Item |