STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMPROMOSIKAN KAMERA ANALOG DI ERA DIGITAL (Studi Kasus: Komunitas “Kumpul Analog Jogja”)

Puteri, Shifa Sukma Hayyu (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMPROMOSIKAN KAMERA ANALOG DI ERA DIGITAL (Studi Kasus: Komunitas “Kumpul Analog Jogja”). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (896kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (450kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (180kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-18.96.0808-Shifa Sukma Hayyu Puteri - Shifa Sukma 0808.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (904kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan dan memahami mengenai komunikasi pemasaran yang dilakukan untuk mempromosikan kamera analog di era digital. Objek penelitian ini menggunakan Komunitas “Kumpul Analog Jogja”. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan penulisan deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini studi kasus dan berlandaskan pada paradigma konstruktivisme.Pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Data yang didapatkan kemudian diolah dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan Komunitas “Kumpul Analog Jogja”melakukan empat faktor pembentuk komunitas. Penggunaan tujuh bauran promosi yang dilakukan komunitas. Terdapat empat bauran promosi yang cukup intensif dilakukan untuk promosi kamera analog. Empat bauran tersebut yaitu (1) event and experience, yaitu mengadakan acara dengan tema yang berbeda setiap dua bulan sekali. (2) Word of mouth, dengan memberikan rekomendasi baikanggota maupun pengusaha dikomunitas. (3) Public relation, melakukan kerjasama baik sesamakomunitas maupun perusahaan untuk melakukan promosi. (4) Sales promotion, dilakukan dengan memberikan diskon, giveaway, lelang rol film, mengadakan foto challenge.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Yudhistira, Nurfian
Uncontrolled Keywords: Kamera analog, Komunikasi pemasaran, Bauran promosi, Komunitas era digital.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 01 Jul 2022 08:03
Last Modified: 05 Aug 2023 03:15
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/3439

Actions (login required)

View Item View Item