Sailendra, Muhammad Reky (2022) APLIKASI ANDROID BERBASIS AR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DASAR PENGENALAN HURUF DAN ANGKA DALAM BAHASA INGGRIS UNTUK TK AL-MUKADDIMAH PONTIANAK. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (526kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (255kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (625kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (605kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (484kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (71kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
18.12.0724-Muhmmad Reky Sailendra - Muhammad Reky Sailendra.apk Restricted to Repository staff only Download (48MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-18.12.0724-Muhammad Reky Sailendra - Muhammad Reky Sailendra.pdf Restricted to Repository staff only Download (483kB) |
Abstract
Akibat pandemi Covid-19, TK Al-Mukaddimah Pontianak mengajari para murid secara offline dengan cara murid-murid tersebut mendatangi rumah guru nya. Hal tersebut membuat guru kesulitan karena kurang nya fasilitas yang memadai saat dirumah tidak seperti saat di Tk yang memiliki fasilitas seperti papan tulis, bukubuku dan yang lainnya. Pada materi bahasa inggris dengan tema huruf dan angka, saat ini Tk Al-Mukaddimah Pontianak memanfaatkan kartu edukasi dengan mencetak huruf dan angka pada medium karton. Teknologi augmented reality (AR) memiliki kemampuan untuk memproyeksikan objek 3D pada medium gambar yang biasa disebut dengan marker. Berdasarkan latar belakang diatas, peneliti melihat adanya peluang menggabungkan teknologi AR dengan kartu edukasi materi bahasa inggris di Tk Al-Mukaddimah Pontianak menggunakan perangkat mobile sebagai alat perantara pembelajaran. Pengembangan aplikasi menggunakan metode Siklus Hidup Pengembangan Multimedia yang memiliki 6 tahapan, yaitu Konsep, Desain Sistem, Pengumpulan Bahan, Perakitan, Pengujian dan Distribusi. Aplikasi ini diuji dengan pengujian alpha dan pengujian beta, pengujian alfa menggunakan metode kotak hitam dengan mendapatkan hasil tes yang sangat baik. Pengujian beta dilakukan dengan pengguanaan metode pengujian usability dengan menghasilkan persentase yang sangat layak. Sehingga aplikasi terbukti dapat membantu pengajar TK ALMUKADDIMAH Pontianak untuk menyampaikan materi tentang huruf dan angka dalam bahasa inggris menggunakan augmented reality teknologi. Keterbatasan penelitian ini adalah bahwa aplikasi hanya tersedia untuk perangkat Android dengan spesifikasi minimum Android 7.0 "Nougat" dengan ram minimal 2 Gb sehingga penggunaan aplikasi yang menggunakan perangkat Android di bawah spesifikasi minimum tidak dapat menggunakan aplikasi.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Media Pembelajaran, Android, Huruf dan Angka, Learning Media, Letters and Numbers | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 01 Jul 2022 07:29 | ||
Last Modified: | 07 Aug 2023 02:48 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/3415 |
Actions (login required)
View Item |