UPAYA DIPLOMASI PUBLIK DAN NATION BRANDING JEPANG PADA BIDANG GREEN ECONOMY MELALUI OLIMPIADE TOKYO 2020

Pratama, Dimas Adi (2022) UPAYA DIPLOMASI PUBLIK DAN NATION BRANDING JEPANG PADA BIDANG GREEN ECONOMY MELALUI OLIMPIADE TOKYO 2020. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (722kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (425kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (113kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.95.0030-Dimas Adi Pratama - Dimas Adi Pratama.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB)

Abstract

Skripsi ini memiliki tujuan untuk menganalisis upaya dari penyelenggaraan Tokyo Summer Olympics 2020 terhadap diplomasi publik dan national branding negara Jepang pada bidang green economy. Dimana analisis menggunakan konsep diplomasi publik tiga lapis Goeffrey Cowan serta nation branding Simon Anholt. Dengan lapisan monolog, dialog serta kolaborasi yang ada pada konsep diplomasi pubik penulis ingin menjelaskan mengenai bagaimana diplomasi publik Jepang berjalan selama penyelenggaraan Tokyo Summer Olympics 2020. Dimana diplomasi publiknya melibatkan mulai dari masyarakat Jepang, Pemerintah, atlet-atlet, pelatih, organisasi internasional dan nasional serta peranan media. Selain itu nation branding Jepang yang dianalisis melalui nilainilai strategy, subtance dan symbolic actions mencoba menjelaskan bagaimana Jepang membangun citranya pasca bencana tsunami dan bocornya pembangkit listrik bertenaga nuklir selain itu juga membangun citra negara yang peduli terhadap lingkungan dengan tetap melihat keuntungan ekonomi di dalamnya. Hal ini dilakukan Jepang melalui gerakan-gerakan inovatif, kreatif dan melalui energi terbarukan. Dengan kondisi yang masih berdampak pandemi, pembatasanpembatasan serta inovasi dan kreasi nantinya akan memberikan dampak minimnya penularan COVID-19 selama acara Olimpiade berlangsung di Jepang ini.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Satris, Rezki
Uncontrolled Keywords: Olimpiade, Diplomasi Publik, National Branding, Jepang, COVID-19
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 320 Ilmu politik > 327 Hubungan internasional
300 – Ilmu Sosial > 390 Adat istiadat, etiket, dan cerita rakyat > 399 Adat istiadat yang berhubungan dengan perang dan diplomasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Hubungan Internasional
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 07 Jun 2022 06:50
Last Modified: 07 Aug 2023 07:07
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/330

Actions (login required)

View Item View Item