Pratama, Dimas Adi (2022) UPAYA DIPLOMASI PUBLIK DAN NATION BRANDING JEPANG PADA BIDANG GREEN ECONOMY MELALUI OLIMPIADE TOKYO 2020. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (722kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (425kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (558kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (113kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (372kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.95.0030-Dimas Adi Pratama - Dimas Adi Pratama.pdf Restricted to Repository staff only Download (467kB) |
Abstract
Skripsi ini memiliki tujuan untuk menganalisis upaya dari penyelenggaraan Tokyo Summer Olympics 2020 terhadap diplomasi publik dan national branding negara Jepang pada bidang green economy. Dimana analisis menggunakan konsep diplomasi publik tiga lapis Goeffrey Cowan serta nation branding Simon Anholt. Dengan lapisan monolog, dialog serta kolaborasi yang ada pada konsep diplomasi pubik penulis ingin menjelaskan mengenai bagaimana diplomasi publik Jepang berjalan selama penyelenggaraan Tokyo Summer Olympics 2020. Dimana diplomasi publiknya melibatkan mulai dari masyarakat Jepang, Pemerintah, atlet-atlet, pelatih, organisasi internasional dan nasional serta peranan media. Selain itu nation branding Jepang yang dianalisis melalui nilainilai strategy, subtance dan symbolic actions mencoba menjelaskan bagaimana Jepang membangun citranya pasca bencana tsunami dan bocornya pembangkit listrik bertenaga nuklir selain itu juga membangun citra negara yang peduli terhadap lingkungan dengan tetap melihat keuntungan ekonomi di dalamnya. Hal ini dilakukan Jepang melalui gerakan-gerakan inovatif, kreatif dan melalui energi terbarukan. Dengan kondisi yang masih berdampak pandemi, pembatasanpembatasan serta inovasi dan kreasi nantinya akan memberikan dampak minimnya penularan COVID-19 selama acara Olimpiade berlangsung di Jepang ini.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Olimpiade, Diplomasi Publik, National Branding, Jepang, COVID-19 | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 320 Ilmu politik > 327 Hubungan internasional 300 – Ilmu Sosial > 390 Adat istiadat, etiket, dan cerita rakyat > 399 Adat istiadat yang berhubungan dengan perang dan diplomasi |
||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Hubungan Internasional | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 07 Jun 2022 06:50 | ||
Last Modified: | 07 Aug 2023 07:07 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/330 |
Actions (login required)
View Item |