ANALISIS OPINI TERHADAP DC UNIVERSE PADAMEDIA SOSIAL TWITTER MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES

de Fretes, Andrew Patrick (2020) ANALISIS OPINI TERHADAP DC UNIVERSE PADAMEDIA SOSIAL TWITTER MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (814kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (226kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (843kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (110kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Andrew Patrick De Fretes.zip
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi_16.11.0278 - Andrew Patrick De Fretes.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (578kB)

Abstract

DC Universe merupakan sebuah alam semesta fiksi dimana kumpulan pahlawan super dan penjahat super berdasarkan pada karakter yang muncul dalam buku-buku komik oleh DC Comics ada didalamnya. DC Comics sendiri adalah penerbit buku komik terbesar dan tertua di amerika milik DC Entertainment yang memproduksi dan menampilkan pahlawan super dan penjahat super. Untuk memulai sebuah bisnis bertema pahlawan super, ada beberapa contoh bisnis yang bisa jadi referensi dan juga dapat dimanfaatkan untuk meraup keuntungan dari bisnis tersebut yaitu, persewaan komik, menjual merchandise, membuat clothing line, membuat kostum cosplay, membuat makanan bertema pahlawan super, menjual action figure. Dalam upaya untuk memulai bisnis bertema pahlawan super khususnya bertema DC Universe, perlu memperhatikan / mendengarkan konsumen DC Universe di Indonesia. Dengan mengetahui sentimen, pendapat, keinginan masyarakat Indonesia terhadap DC Universe, maka hal itu dapat digunakan sebagai acuan untuk memulai bisnis bertema pahlawan super di Indonesia. Klasifikasi opini atau analisis sentimen adalah salah satu cara untuk mengetahui semtimen seseorang atau sekelompok orang terhadap produk, layanan, isu atau golongan tertentu dari berbagai platform media sosial dan internet. Pengguna media sosial bebas untuk mengekspresikan pendapat mereka. Twitter adalah salah satu media sosial yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Penelitian ini mencoba untuk memanfaatkan apa yang ditulis oleh pengguna media sosial Twitter atau lebih dikenal sebagai sebuah tweet. Tweet akan diproses dengan text mining dan diproses lagi menggunakan algoritma Naïve Bayes Classifier.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Hartanto, Anggit Dwi
Uncontrolled Keywords: Sosial Media, Analisis Sentimen, Naïve Bayes Classifier
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 29 Jun 2022 08:28
Last Modified: 25 Aug 2023 07:36
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/3268

Actions (login required)

View Item View Item