de Fretes, Andrew Patrick (2020) ANALISIS OPINI TERHADAP DC UNIVERSE PADAMEDIA SOSIAL TWITTER MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (814kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (226kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (582kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (843kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (110kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Andrew Patrick De Fretes.zip Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi_16.11.0278 - Andrew Patrick De Fretes.pdf Restricted to Repository staff only Download (578kB) |
Abstract
DC Universe merupakan sebuah alam semesta fiksi dimana kumpulan pahlawan super dan penjahat super berdasarkan pada karakter yang muncul dalam buku-buku komik oleh DC Comics ada didalamnya. DC Comics sendiri adalah penerbit buku komik terbesar dan tertua di amerika milik DC Entertainment yang memproduksi dan menampilkan pahlawan super dan penjahat super. Untuk memulai sebuah bisnis bertema pahlawan super, ada beberapa contoh bisnis yang bisa jadi referensi dan juga dapat dimanfaatkan untuk meraup keuntungan dari bisnis tersebut yaitu, persewaan komik, menjual merchandise, membuat clothing line, membuat kostum cosplay, membuat makanan bertema pahlawan super, menjual action figure. Dalam upaya untuk memulai bisnis bertema pahlawan super khususnya bertema DC Universe, perlu memperhatikan / mendengarkan konsumen DC Universe di Indonesia. Dengan mengetahui sentimen, pendapat, keinginan masyarakat Indonesia terhadap DC Universe, maka hal itu dapat digunakan sebagai acuan untuk memulai bisnis bertema pahlawan super di Indonesia. Klasifikasi opini atau analisis sentimen adalah salah satu cara untuk mengetahui semtimen seseorang atau sekelompok orang terhadap produk, layanan, isu atau golongan tertentu dari berbagai platform media sosial dan internet. Pengguna media sosial bebas untuk mengekspresikan pendapat mereka. Twitter adalah salah satu media sosial yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Penelitian ini mencoba untuk memanfaatkan apa yang ditulis oleh pengguna media sosial Twitter atau lebih dikenal sebagai sebuah tweet. Tweet akan diproses dengan text mining dan diproses lagi menggunakan algoritma Naïve Bayes Classifier.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Sosial Media, Analisis Sentimen, Naïve Bayes Classifier | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 29 Jun 2022 08:28 | ||
Last Modified: | 25 Aug 2023 07:36 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/3268 |
Actions (login required)
View Item |