Fauziyah, Salma Tsabitatul (2025) PEMBUATAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID UNTUK EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN WAYANG PANDAWA DAN PUNAKAWAN DI KELAS 4 SD YAYASAN BENTARA WACANA MUNTILAN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
|
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (900kB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (285kB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (887kB) |
|
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (528kB) |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (81kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) |
|
|
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.11.3848.zip Restricted to Repository staff only Download (17MB) |
|
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (656kB) |
Abstract
Minat siswa terhadap pembelajaran muatan lokal budaya, khususnya wayang, masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan media pembelajaran yang menarik dan kurangnya pemahaman siswa terhadap bahasa Jawa sebagai bahasa pengantar utama dalam materi wayang. Dampak dari kondisi ini adalah berkurangnya ketertarikan siswa terhadap nilai-nilai budaya lokal yang seharusnya diwariskan sejak dini. Oleh karena itu, dibutuhkan media pembelajaran yang inovatif dan interaktif agar siswa lebih mudah memahami materi tentang tokoh wayang Pandawa dan Punakawan secara menyenangkan. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pada tahap analisis dilakukan observasi dan wawancara dengan guru untuk mengetahui kebutuhan pembelajaran. Kemudian, dilakukan desain alur dan antarmuka aplikasi, dilanjutkan dengan pembuatan media interaktif berbasis Android menggunakan Adobe Animate. Setelah aplikasi selesai dikembangkan, dilakukan uji coba terbatas kepada siswa kelas 4 SD Bentara Wacana Muntilan serta evaluasi menggunakan angket dan tes pemahaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media interaktif berbasis Android ini memberikan dampak positif terhadap peningkatan pemahaman siswa, motivasi belajar, serta kecintaan siswa terhadap budaya wayang. Guru juga menyatakan bahwa media ini sangat membantu dalam proses pembelajaran. Media ini dapat dimanfaatkan oleh siswa, guru, maupun pihak sekolah sebagai media pembelajaran tambahan berbasis budaya lokal. Penelitian lanjutan dapat dilakukan untuk memperluas cakupan materi dan pengembangan fitur tambahan dalam aplikasi.
| Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
|---|---|---|---|
| Contributor: |
|
||
| Uncontrolled Keywords: | Media Interaktif, Android, Wayang, Budaya Lokal, ADDIE | ||
| Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus |
||
| Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
| Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
| Date Deposited: | 21 Nov 2025 02:35 | ||
| Last Modified: | 21 Nov 2025 02:35 | ||
| URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31306 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

