PENERAPAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY DALAM SIMULASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Huda, Rifqi Qhoirul (2025) PENERAPAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY DALAM SIMULASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (183kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan mengimplementasikan teknologi virtual reality (VR) sebagai salah satu media simulasi pembelajaran interaktif bagi anak tunagrahita. Anak tunagrahita memiliki keterbatasan kemampuan adaptasi intelektual dan sosial, sehingga membutuhkan metode pembelajaran yang lebih konkrit dan berkonteks. Teknologi VR bertujuan untuk membantu anak berkebutuhan khusus agar lebih memahami konsep dengan cara mensimulasikan lingkungan di dunia nyata. Anak tunagrahita sering mengalami kesulitan dalam mengikuti pembelajaran karena keterbatasan berpikir dan motorik yang mereka miliki. Metode yang diajarkan pada umumnya di bidang pendidikan kurang mampu untuk memenuhi kebutuhan individual dan kemampuan mereka. Oleh karena itu, dibutuhkan pendekatan alternatif yang lebih interaktif. Teknologi virtual reality (VR) diharapkan memberikan potensi agar menciptakan lingkungan belajar yang disesuaikan, menarik, mudah di akses dan mudah di pahami oleh anak tunagrahita. Pembelajaran interaktif menggunakan teknologi virtual reality diharapkan mampu untuk membantu anak berkebutuhan khusus terutama anak tunagrahita yang sulit memahami pembelajaran sehingga pendidik dapat memberikan cara pembelajaran lebih alternatif dan interaktif yang visual memudahkan dengan gaya belajar anak tunagrahita. Teknologi virtual reality ini dibuat sebagai media pembelajaran interaktif untuk membantu meningkatkan ketertarikan anak-anak berkebutuhan khusus yang sulit untuk belajar.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Pujastuti, Eli
Uncontrolled Keywords: Virtual Reality, Anak Tunagrahita, Pembelajaran Interaktif, Pendidikan, Media Pembelajaran
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 19 Nov 2025 04:49
Last Modified: 19 Nov 2025 04:49
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31251

Actions (login required)

View Item View Item