Huda, Rifqi Qhoirul (2025) PENERAPAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY DALAM SIMULASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
|
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (183kB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (478kB) |
|
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (383kB) |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (432kB) |
|
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (88kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) |
|
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan mengimplementasikan teknologi virtual reality (VR) sebagai salah satu media simulasi pembelajaran interaktif bagi anak tunagrahita. Anak tunagrahita memiliki keterbatasan kemampuan adaptasi intelektual dan sosial, sehingga membutuhkan metode pembelajaran yang lebih konkrit dan berkonteks. Teknologi VR bertujuan untuk membantu anak berkebutuhan khusus agar lebih memahami konsep dengan cara mensimulasikan lingkungan di dunia nyata. Anak tunagrahita sering mengalami kesulitan dalam mengikuti pembelajaran karena keterbatasan berpikir dan motorik yang mereka miliki. Metode yang diajarkan pada umumnya di bidang pendidikan kurang mampu untuk memenuhi kebutuhan individual dan kemampuan mereka. Oleh karena itu, dibutuhkan pendekatan alternatif yang lebih interaktif. Teknologi virtual reality (VR) diharapkan memberikan potensi agar menciptakan lingkungan belajar yang disesuaikan, menarik, mudah di akses dan mudah di pahami oleh anak tunagrahita. Pembelajaran interaktif menggunakan teknologi virtual reality diharapkan mampu untuk membantu anak berkebutuhan khusus terutama anak tunagrahita yang sulit memahami pembelajaran sehingga pendidik dapat memberikan cara pembelajaran lebih alternatif dan interaktif yang visual memudahkan dengan gaya belajar anak tunagrahita. Teknologi virtual reality ini dibuat sebagai media pembelajaran interaktif untuk membantu meningkatkan ketertarikan anak-anak berkebutuhan khusus yang sulit untuk belajar.
| Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
|---|---|---|---|
| Contributor: |
|
||
| Uncontrolled Keywords: | Virtual Reality, Anak Tunagrahita, Pembelajaran Interaktif, Pendidikan, Media Pembelajaran | ||
| Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus | ||
| Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
| Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
| Date Deposited: | 19 Nov 2025 04:49 | ||
| Last Modified: | 19 Nov 2025 04:49 | ||
| URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31251 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

