PEMBUATAN ANIMASI 2D EDUKATIF ANAK SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH WIROBRAJAN I

Wicaksono, Sandi Joko (2025) PEMBUATAN ANIMASI 2D EDUKATIF ANAK SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH WIROBRAJAN I. D3 - Diploma thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (813kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (224kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (76kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 22.01.4739.zip
Restricted to Repository staff only

Download (162MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)

Abstract

Media edukasi digital pada saat ini menjadi media pembelajaran yang umum digunakan pada saat ini terutama pada pembelajaran tentang edukasi. Kurangnya media edukasi digital tentang gizi di SD Muhammadiyah Wirobrajan 1 berdampak kepada pemahaman peserta didik terhadap keseimbangan gizi yang benar. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Merencanakan perancangan dan pembuatan media edukasi berbasis animasi 2D kelas 3 dan 4 di SD Muhammadiyah Wirobrajan I dan 2) untuk mengukur efektivitas dan pemahaman peserta didik kelas 3 dan 4 di SD Muhammadiyah Wirobrajan I. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahap yaitu konsep, perencanaan, pengumpulan materi, pembangunan, pengujian dan distribusi. Pengumpulan data dikumpulkan dengan wawancara dan kuesioner dengan skala Likert di SD Muhammadiyah Wirobrajan 1 pada kelas 3 dan 4. Adapun pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif untuk mengevaluasi tanggapan pengguna terhadap media animasi yang dibuat. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran edukatif berupa animasi 2d dengan tema gizi. Berdasarkan hasil pengolahan kuesioner menggunakan Skala Likert, dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa sekolah dasar terhadap media animasi 2D edukasi gizi seimbang yang dikembangkan menunjukkan tanggapan yang sangat positif. Hal ini terlihat dari nilai indeks persentase setiap pernyataan (P1–P10) yang mayoritas berada pada kategori “Sangat Setuju”, yaitu antara 85.6% hingga 96.8%. Animasi 2d ini dapat digunakan sebagai media pendukung belajar yang dapat meningkatkan pemahaman dan minat belajar peserta didik dalam mempelajari gizi yang seimbang.

Item Type: Thesis (D3 - Diploma)
Contributor:
Pembimbing
Andriani, Ria
Uncontrolled Keywords: Animasi 2D, Media Pembelajaran, Gizi Seimbang, MDLC, Edukasi Gizi
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > D3 Teknik Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 18 Nov 2025 07:49
Last Modified: 18 Nov 2025 07:49
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31216

Actions (login required)

View Item View Item