Wicaksono, Bagus Aji (2025) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN ANIMASI 2D “DEPO” MENGGUNAKAN METODE FRAME BY FRAME SEBAGAI MEDIA EDUKASI BAHAYA JUDI ONLINE. D3 - Diploma thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
|
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (5MB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (174kB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (467kB) |
|
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (77kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (99kB) |
|
|
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 22.01.4884.zip Restricted to Repository staff only Download (29MB) |
|
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (765kB) |
Abstract
Film Animasi 2D adalah salah satu jenis animasi yang sering kita jumpai maupun itu sebagai hiburan atau media edukatif berbentuk media audio visual. Penelitian ini berfokus pada perancangan dan pembuatan film pendek animasi 2D berjudul "Depo" menggunakan teknik frame-by-frame. Film ini mengisahkan seorang mahasiswa bernama Bejo yang terjerumus dalam praktik judi online, hingga akhirnya mengalami kecanduan dan menyadari konsekuensi negatif yang ditimbulkannya. Teknik frame-by-frame adalah sebuah teknik yang dibuat dari banyak gambar atau sketsa yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah gerakan yang terlihat hidup. Pemilihan teknik frame-by-frame didasarkan pada kemampuannya dalam menghadirkan ekspresi visual yang lebih dinamis dan emosional pada karakter. Proses produksi animasi ini melibatkan beberapa software, antara lain Clip Studio Paint, Krita, Toon Boom Harmony, Adobe After Effect, serta Adobe Premiere. Metode yang digunakan dalam pembuatan flm animasi 2D ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang meliputi tahapan Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, Distribution, serta Evaluasi. Hasil akhir dari penelitian ini adalah flm pendek animasi 2D berdurasi 5 menit 42 detik. Hasil dari penelitian ini dapat menghasilkan sebuah animasi pendek yang menghibur dengan pesan mendalam beserta edukatif. Diharapkan film pendek ini mampu mengedukasi tentang bahayanya judi online.
| Item Type: | Thesis (D3 - Diploma) | ||
|---|---|---|---|
| Contributor: |
|
||
| Uncontrolled Keywords: | Animasi 2D, Frame by Frame, Teknik Animasi, Toon Boom, Edukasi | ||
| Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
| Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > D3 Teknik Informatika | ||
| Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
| Date Deposited: | 18 Nov 2025 02:32 | ||
| Last Modified: | 18 Nov 2025 02:32 | ||
| URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31148 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

